Pelajar SMP 147 Ciracas Diduga Bunuh Diri, Komisi VIII DPR sebut Sekolah Lalai

Pelajar SMP 147 Ciracas Diduga Bunuh Diri, Komisi VIII DPR sebut Sekolah Lalai
PERISTIWA | 21 Januari 2020 13:23 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang mengungkapkan keprihatinannya atas kasus bunuh diri SN, pelajar SMP 147 Ciracas. Dia menegaskan bahwa sekolah sesungguhnya bukan hanya tempat siswa mendapatkan ilmu semata. Sekolah juga adalah lembaga yang berperan dalam penanaman nilai.

"Kami berharap bahwa sekolah tentu termasuk guru dan staf tidak menjadikan anak murid ajar saja, tetapi memperlakukan sebagai generasi penerus bangsa yang harus dilindungi perkembangan dan pertumbuhannya menjadi anak anak yang punya nilai-nilai," tegas dia, saat dihubungi, Selasa (21/1).

Dia menjelaskan, keputusan bunuh diri yang dibuat seorang anak tentu bukanlah hal terjadi tiba-tiba. Keputusan tersebut didorong oleh akumulasi perasaan tidak nyaman, tertekan yang dialami korban.

Karena itu, jika benar dugaan bahwa korban bunuh diri karena di-bully, maka pihak sekolah telah lalai dalam menjalankan tugasnya. Terutama tugas untuk memberi perhatian, mengayomi, dan memberikan rasa aman kepada peserta didik.

"Rasanya dari kejadian ini ada kelalaian dan atau abai terhadap anak-anak dari pihak sekolah dari sekian lama si anak menanggung derita hinaan dari bully sama sekali gurunya tidak tahu," ungkapnya.

Tugas sekolah untuk tidak saja memberi ilmu, tapi juga nilai, kata dia, merupakan hal yang penting. Sekolah harus bisa menjalankan peran tersebut.

"Karena itu, perlu juga diselidiki apakah pihak sekolah pernah melakukan peringatan atau sejenisnya dalam peristiwa ini," tandasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Siswi SMP di Ciracas Diduga Bunuh Diri, Guru dan Teman Diperiksa Polisi
Siswa SMP Meninggal Usai Lompat dari Gedung Sekolah, Dimakamkan Hari Ini
Diduga Stres dan Hendak Bunuh Diri, Ayu Panjat Menara Sutet di Bontang
Seorang WNA di Bali Diduga Terjun dari Tebing, Ditemukan Miras dan Sepucuk Surat
Gagal Bunuh Diri Lompat dari JPO, Wanita Ini Duduk di Tengah Jalan Margonda
Napi Kasus Pencabulan Anak Ditemukan Tewas Gantung Diri di Lapas Tangerang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami