Pelaksanaan Pilkada Aceh berjalan aman

PERISTIWA | 9 April 2012 17:20 Reporter : Mohamad Hasist

Merdeka.com - Proses pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Senin, berlangsung aman dan tidak ada insiden apapun.

Angota Panwaslu Kota Lhokseumawe Muchtar Yusuf di Lhokseumawe mengatakan, dari 259 tempat pemungutan suara (TPS) dalam wilayah itu yang dipantau, masih dalam kondisi aman dan lancar. Anggota polisi dari Polres Lhokseumawe juga disebar ke setiap TPS sebanyak dua orang untuk memberikan pengamanan di luar arena TPS.

"Sementara di arena TPS tetap dijaga anggota Linmas sebanyak dua orang juga per TPS," kata Muchtar seperti dilansir Antara.

Panwaslu Aceh sejauh ini tidak menerima laporan adanya intimidasi terhadap masyarakat yang menggunakan hak pilihnya. "Tidak ada teror untuk mendukung salah satu calon, baik untuk wali kota maupun gubernur Aceh," ucap Muchtar.

Sementara posko-posko yang masih belum mencopot atribut kampanyenya, Panwaslu langsung bertindak tegas dengan menutup posko tersebut. Apalagi posko-posko yang berada di dekat TPS.

Sejak pagi hari, kondisi di pusat Kota Lhokseumawe terlihat sepi, baik pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional. Kurangnya aktivitas masyarakat tersebut, lebih disebabkan kesiapan warga menuju ke TPS guna memberikan hak pilihnya.

Namun, menjelang siang hari, kondisinya normal kembali seperti hari-hari biasa. Untuk Kota Lhokseumawe, jumlah pemilih sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) adalah sebanyak 126.571 pemilih.

Proses pemungutan suara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB, berlangsung hingga pukul 14.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan proses penghitungan suara. (mdk/has)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.