Pelaku Bom Medan dan Istri Sempat Merencanakan Aksi Teror di Bali

PERISTIWA | 14 November 2019 13:50 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - RMN (24), pelaku bom bunuh diri di Medan, Sumatera Utara diketahui melakukan aksi sendiri. Pelaku diduga terpapar dari istrinya yaitu DA.

"Densus 88 sudah mengamankan istri dari pelaku, istri pelaku tersebut atas nama DA. Dia diduga terpapar teroris terlebih dahulu, dari pelaku," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat HUT Brimob ke-74 di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, KAMIS (14/11).

Dari hasil penelitian Densus 88 dan cyber Bareskrim, DA aktif di medsos dan secara fisik sudah pernah komunikasi dengan I. I sendiri sedang menjalani masa tahanan di rutan yang ada di Medan. Bahkan mereka diduga merencanakan aksi terorisme di Bali. "Di medsos, mereka merencanakan aksi terorisme di Bali. MR dipapar istrinya," ucapnya.

Dedi menuturkan masih mendalami jenis bom yang meledak tersebut. Uji laboratorium dilakukan untuk mengetahui jenis dari bom itu.

"Sedangkan partikel 2 itu ada 55 potongan paku, baterai 9 volt, potongan kabel. Tombol on-off. Dan ada lima potongan besi dua milimeter dan ada, sampel menjadi titik ledakan. Jenis bom ini masih didalami oleh Labfor," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dari empat lokasi penggeledahan, Densus 88 dan Polda menemukan senjata tajam dan alat komunikasi. "Jadi masih didalami dan dikembangkan. Densus 88 dan Jawa Timur masih sweeping," pungkasnya.

Baca juga:
Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Pimpinan MPR Pertanyakan Program Deradikalisasi
4 Orang di Banten dan Jateng yang Ditangkap Polisi Pernah Ikut Perang Suriah
Istri Pelaku Bom Bunuh Diri Medan Ditangkap di Jalan, Polisi Buru Guru Spiritual
Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Ini Akar Masalah Tumbuhnya Radikalisme di RI
Polisi Amankan Mertua dan Istri Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan
Bomber Polrestabes Medan Terpapar Radikal dari Istrinya

(mdk/cob)