Pelaku Penembakan Warga OKI Ditangkap, Motif Perselisihan Bisnis

PERISTIWA | 26 Juni 2019 10:51 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Belum sampai 24 jam usai kejadian, polisi meringkus pelaku pembunuhan Catut (36) yang ditemukan dengan luka tembak di dada. Penembakan itu lantaran pelaku, Dandi (20) kesal korban tak lagi menjual kayu ke ayahnya.

Pelaku ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan di Desa Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Selasa (25/6). Sebelumnya, dia bersembunyi di hutan usai kejadian.

"Tersangka kita tangkap di rumahnya kemarin siang atas informasi ketua RT setempat. Dia berencana menyerahkan diri lalu kita jemput," ungkap Kapolres OKI AKBP Donny Eka, Rabu (26/6).

Dia menjelaskan, pembunuhan berawal saat korban yang tinggal sekampung mendatangi rumah orang tua tersangka, Senin (24/6) sore. Di sana, korban marah-marah dan mengancam menembak orang tua tersangka.

Tersangka tak tinggi diam. Dia mengajak berkelahi tetapi korban justru mundur. Tersangka mengejar dan kemudian terjadi perebutan senjata api rakitan antara keduanya.

"Tersangka menembak dada diri korban dan tewas di tempat. Dia melarikan diri ke hutan dan sempat bersembunyi di sana," ujarnya.

Dari pengakuan tersangka, perselisihan itu disebabkan karena korban tak lagi menjual kayu kepada ayahnya. Tersangka terancam dipenjara selama 15 tahun sesuai Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

"Kami minta keluarga korban menyerahkan kasus ini ke polisi, jangan sampai berbuat anarkis yang menimbulkan dampak lebih besar," saran Donny.

Baca juga:
Masalah Penjualan Kayu, Catut Tewas Ditembak Rekan Bisnis
Nenek di Asahan yang Dibakar Anak Tiri Akhirnya Meninggal Dunia
Rumah Pejabat di Padang Lawas Dirampok, Istri Tewas Dibunuh Pelaku
Anak Bakar Ibu Tiri di Asahan
Pembunuh Wanita Diikat di Tangerang Akan Menikah dengan Korban usai Lulus Sekolah
Pembunuhan Wanita Diikat Rafia Terungkap Berkat Jejak Kulit Pelaku di Kuku Korban

(mdk/bal)