Pelantikan di Istana, 4 Perwira TNI-Polri Raih Adhi Makayasa 2020

Pelantikan di Istana, 4 Perwira TNI-Polri Raih Adhi Makayasa 2020
PERISTIWA | 14 Juli 2020 10:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik perwira TNI-Polri di Istana Negara Jakarta (14/7). Pelantikan dilakukan secara virtual dan hanya dihadiri langsung oleh peraih Adhi Makayasa dan orang tuanya.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari masing-masing matra TNI-Polri. Berikut nama-nama perwira peraih Adhi Makayasa:

1. Letnan Dua Angga Andika Yudha dari Akademi Militer
2. Letnan Dua Rizqy Zaeland Djuhaeri dari Akademi Angkatan Laut
3. Letnan Dua Juanda Siregar dari Akademi Angkatan Udara
4. Inspektur Dua Ivan Pradipta Mahadika dari Akademi Kepolisian

Pelantikan perwira TNI-Polri setiap tahunnya digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta dan dihadiri oleh semua perwira dan keluarganya. Namun, dikarenakan pandemi virus corona (Covid-19), pelantikan dilakukan di Istana Negara dan hanya diwakili oleh peraih Adhi Makayasa.

"Kali ini kita lakukan secara virtual hanya penerima Adhi Makayasa dan orang tuanya yang hadir secara fisik di istana secara virtual mewakili semuanya," ucap Jokowi saat memberikan amanat.

Setidaknya, ada 750 perwira TNI-Polri yang berhasil menyelesaikan pendidikannya. Komposisinya antara lain, 254 Akademi Militer, 98 Akademi Angkatan Laut, 106 Akademi Angkatan Udara, dan 293 Akademi Kepolisian.

Jokowi berpesan agar perwira TNI-Polri dapat mengikuti perkembangan zaman serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pasalnya, kata dia, tantangan kejahatan yang akan dihadapi kedepannya akan semakin berat.

"Saudara-saudara harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan penjaga NKRI dan penjaga pancasila yang sejati," ujar Jokowi.

Reporter: Lisza Egeham (mdk/rhm)

Baca juga:
Presiden Jokowi Lantik 750 Perwira TNI-Polri di Istana Negara
Jokowi Sebut Teguran Keras ke Menteri Bukan Marah, Tetapi untuk Memotivasi
Jokowi Soal Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan: Pertahanan Bukan Hanya Alutsista
Jokowi Bakal Berikan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19
Jokowi: Angka Kesehatan Belum Terlalu Membaik, Tapi Tidak Jelek
Jokowi: Bukan Marah, Saya Memotivasi Menteri Agar Lebih Keras Lagi Bekerjanya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami