Pembakar Lahan di Kepulauan Meranti Diciduk

PERISTIWA | 22 Maret 2019 23:02 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Anggota Reskrim Polres Pelalawan menangkap seorang pelaku kebakaran lahan berinisial MS (34). Pria yang berdomisili di Desa Tanjung Bakau Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau itu ‎saat ini diperiksa polisi.

"Iya benar, pelaku MS sedang diperiksa intensif untuk didalami kasusnya terkait kebakaran lahan," ujar Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Laode Proyek kepada merdeka.com, Jumat (22/3).

Laode menyebutkan, terungkapnya kasus yang menjerat MS berawal dari laporan warga. Seorang petani inisial R mendatangi tetangganya dan menanyakan apakah kebunnya terbakar atau tidak. Lalu N menjawab kondisi kebunnya aman dari kebakaran.

"Lalu N memberitahu bahwa ada seorang laki-laki tak dikenal masuk ke kebunnya ‎menuju ke belakang. Dia juga melihat pria itu menebas pohon dan lalang pakis," kata Laode.

Bahkan, pria itu juga mengumpulkan bekas tebasan tersebut. Tiba-tiba, N melihat api di tumpukan lalang dan pohon yang ditebas tadi. Karena khawatir, N melaporkan apa yang dilihatnya itu ke Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Medang.

"Kapolsek Rangsang dan sejumlah personel kepolisian lainnya langsung menuju lokasi. Setelah sampai, petugas bertemu dengan pelaku," ucap Laode.

Lalu polisi menanyakan sumber api yang mulai membesar tersebut. Awalnya pelaku tidak mengaku telah membakar lahan tersebut. Namun setelah digeledah polisi, ditemukan ada mancis di kantong celana pelaku.

"Kemudian ‎pelaku MS dibawa ke Polsek Rangsang untuk diperiksa, kita juga memeriksa sejumlah saksi terkait kebakaran lahan ini," tegas Laode.

Untuk diketahui, kebakaran lahan di Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti sejak awal Maret lalu mencapai lebih dari 200 hektare. Namun api sudah berangsur padam setelah tim gabungan berjibaku melakukan pemadaman.‎

Baca juga:
30 Hektare Lahan PT TSM Terbakar di Indragiri Hulu
Api Hanguskan 57 Ha Lahan di Bengkalis, Total Luasan Terbakar jadi 1.823 Hektare
BMKG Deteksi 97 Titik Panas di Lima Provinsi di Sumatera
Panglima TNI dan Kapolri Datangi Lokasi Kebakaran Hutan di Riau
Menteri Siti Sudah Siapkan Helikopter di Daerah Rawan Kebakaran Hutan
Kapolda Sumsel Akui Kesulitan Ungkap 2 Kasus Karhutla Melibatkan Korporasi

(mdk/eko)