Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dimulai

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dimulai
Ground breaking pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
PERISTIWA | 6 Maret 2021 16:01 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dimulai hari ini, Sabtu (6/3) ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri BUMN Eric Tohir, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab Suhail Al Mazroui, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Mereka secara bersamaan menuangkan adukan beton dengan menggunakan sekop ke sebuah wadah besar. Masjid bantuan pemerintah UEA tersebut didedikasikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia. Pembangunan masjid ini, lanjut dia, merupakan monumen persahabatan kedua negara. Masjid ini juga akan menjadi mercusuar syiar Islam di Nusantara dan simbol moderasi beragama dalam rangka mewujudkan dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia dan keadilan sosial.

"Ini menjadi bukti hubungan baik z Indonesia dan UEA ini akan terus ditingkatkan. UEA dikenal dengan toleransinya, semoga bisa menginspirasi kita semua untuk kembali mengembangkan toleransi dalam beragama," ujar Menag Yaqut.

Suhail Al Mazroui menyampaikan nama Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan nama yang sangat berharga dan dihormati di UEA. Mazroui menyatakan, pemerintah UEA akan berusaha agar masjid yang dibangun ini mendekati atau sama persis dengan masjid yang ada di Abu Dhabi.

"Ini nama yang berharga sekali bagi kami. Yaitu orangtua dan pendiri dari negara Uni Emirat Arab. Beliau itu merupakan model atau simbol bagi kami dalam menumbuhkan toleransi kehidupan keagamaan," katanya.

Atas nama pemerintah UEA Mazroui mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Solo dan para menteri yang telah membantu proses pembangunan masjid. Ia berharap diberikan kemudahan dan kelancaran dalam pembangunan.

Atas nama Pemerintah dan warga Solo Gibran mengucapkan terimakasih kepada pemerintah UEA. Ia berharap masjid tersebut bisa menjadi salah satu pusat pendidikan Islam di kota Solo.

"Semoga dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan derajat keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT," pungkas dia. (mdk/eko)

Baca juga:
Kejati Sumsel Periksa 65 Saksi Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Sriwijaya
Masjid Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Jokowi Senilai Rp570 M akan Segera Dibangun
Bakal Ada di Solo, Ini Potret Mewah dan Megah Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi
Peletakan Batu Pertama Masjid Syeikh Zayed di Solo akan Dihadiri Menteri BUMN & Menag
Menag Harap Pembangunan Masjid Hadiah Pangeran Abu Dhabi di Solo Lancar
Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dimulai
Menteri Uni Emirat Arab Berharap Indonesia Jadi Model bagi Dunia Islam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami