Pemda DIY Belum Setujui Konser hingga Resepsi Pernikahan Digelar Skala Besar

Pemda DIY Belum Setujui Konser hingga Resepsi Pernikahan Digelar Skala Besar
Covid-19. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 30 September 2021 00:32 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemda DIY belum mengizinkan penyelenggaraan musik, resepsi pernikahan dan festival dalam skala besar. Kondisi ini diambil Pemda DIY untuk mencegah dampak meluasnya penularan Covid-19 saat acara digelar dalam skala besar.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji membenarkan jika Pemda DIY belum memberikan lampu hijau untuk konser musik, festival dan resepsi pernikahan dalam skala besar. Langkah ini diambil oleh Pemda DIY untuk antisipasi munculnya klaster-klaster baru paska acara tersebut boleh digelar dalam skala besar.

"Intinya belum (diizinkan). Harus hati-hari san sabar dulu bagi penyelenggara event," ucap Aji.

Aji mencontohkan bahwa alasan Pemda DIY belum mengeluarkan izin karena pengaturan massa dalam jumlah besar dinilai sulit. Aji mencontohkan seandainya ada sebuah konser musik digelar.

Aji menerangkan jika konser musik di area terbuka atau stadion mengundang 2000 penonton. Kemudian para penonton, sambung Aji, akan tumplek blek di depan panggung dan sulit menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Aji mewanti-wanti bahwa penyelenggara acara harus mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 setempat sebelum menggelar acara. Sehingga nantinya akan dilakukan pengecekan apakah acara tersebut sesuai dengan prokes atau tidak.

"Konser boleh tapi nontonnya virtual saja. Pesta (pernikahan dalam skala besar) belum dibolehkan. Kalau terbatas (orang yang hadir) misalnya 30 tamu, boleh. Pertunjukkan musik 30 saja (orangnya), sisanya virtual," pungkas Aji. (mdk/ded)

Baca juga:
Aktivitas Berskala Besar Tidak Bertahan Lama Jika Prokes Tidak Ketat
Rencana Pemerintah Izinkan Konser Musik Berisiko Menimbulkan Gelombang 3 Covid-19
Pemkab Tangerang Belum Izinkan Konser Musik
Satgas Covid-19 Sebut Peningkatan Mobilitas Tidak Diikuti Penurunan Kepatuhan Prokes
Menko Airlangga: PPKM Efektif Turunkan Kasus Covid-19 Luar Jawa-Bali
Daftar Mal di Jakarta Boleh Dikunjungi Anak di Bawah 12 Tahun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami