Pemda DIY Jelaskan Penyebab Kasus Positif Virus Corona Melonjak Jadi 18 Orang

Pemda DIY Jelaskan Penyebab Kasus Positif Virus Corona Melonjak Jadi 18 Orang
PERISTIWA | 26 Maret 2020 10:57 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Lonjakan pasien positif virus Corona di DIY terjadi pada Rabu (25/3). Lonjakan pasien positif virus Corona ini mencapai tiga kali lipat dari hari sebelumnya.

Tercatat dari data Pemda DIY, Selasa (24/3) di DIY ada enam orang pasien positif virus Corona. Di hari Rabu (25/3), jumlah pasien positif virus Corona melonjak menjadi 18 pasien.

Dari 18 orang pasien positif virus Corona, satu orang pasien dinyatakan sembuh. Sedangkan tiga pasien dinyatakan meninggal dunia. Sisanya masih menjalani perawatan di RS.

Menanggapi lonjakan pasien positif virus Corona, Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menyebut jika terjadinya lonjakan jumlah pasien ini disebabkan sempat terjadinya penumpukan hasil uji lab. Sehingga hasil uji lab selama beberapa hari yang lalu keluar bersamaan pada Rabu (25/3).

"Lonjakan pasien positif virus Corona merupakan akumulasi uji lab sebelumnya yang belum keluar. Seperti diketahui oleh teman-teman bahwa BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) sempat mengalami kekosongan primer yang menjadi salah satu bahan baku uji PCR (Polymerase Chain Reaction)," ujar Ditya.

Ditya menuturkan jika lonjakan pasien positif virus Corona ini tak hanya terjadi di DIY saja. Di Jawa Tengah pun lonjakan pasien positif Corona juga terjadi.

"Jika dilihat dari jumlah lonjakan yang tinggi antara DIY dan Jateng, dapat ditarik kesimpulan yang sama. Karena dua-duanya dihitung oleh BBTKLPP Yogyakarta," tutur Ditya.

Terpisah, Kepala BBTKLPP Yogyakarta Irene merinci tambahan 12 pasien positif virus Corona di DIY ini merupakan akumulasi hasil uji lab 12 pasien positif Corona, sambung Irine merupakan hasil uji lab dari 18-21 Maret yang diumumkan pada Rabu (25/3).

"Ini hasil akumulasi uji lab," tutur Irene. (mdk/ray)

Baca juga:
Transaksi E-Channel dan E-Banking BRI Melonjak Imbas Corona
Fraksi PDIP Minta Paripurna Pemilihan Wagub DKI Ditunda Usai Pandemi Corona Selesai
Gotong Royong Warga Semprotkan Disinfektan di Permukiman Secara Mandiri
DPRD Sesalkan Rapid Test Tenaga Medis Bekasi Digelar di Stadion Patriot
Keliling Kampung di Surabaya, Risma Imbau Warga Jaga Jarak Aman Cegah Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami