Pemda Minta Aparat Ditarik dari Nduga, Ini Tanggapan Tito Karnavian

Pemda Minta Aparat Ditarik dari Nduga, Ini Tanggapan Tito Karnavian
PERISTIWA | 27 Desember 2019 15:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menanggapi permintaan Wakil Bupati Nduga, Wentius Nimiangge agar para aparat TNI dan Polri ditarik mundur. Mantan Kapolri tersebut menjelaskan penarikan aparat akan dilakukan jika kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya tertangkap.

"Kalau ada permintaan penarikan pasukan, jawabannya ada nggak jaminan tidak akan terulang kekerasan pada masyarakat di situ karena masyarakat membutuhkan perlindungan," kata Tito di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12).

Tito mengatakan keberadaan aparat keamanan di Nduga untuk memastikan masyarakat terlindungi. Terlebih, banyak warga yang merasa resah dengan kekerasan yang dilakukan KKB.

"Saya tanyakan beberapa kali ke tokoh-tokoh nggak ada yang bisa menjamin, artinya kan harus ada perlindungan di sana. Jangan salah, beberapa masyarakat, kelompok masyarakat ada yang takut. Baik yang kelompok masyarakat pendatang maupun yang asli di situ juga takut pada mereka," ungkap Tito.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya diketahui sudah beberapa kali pihak pemerintah daerah Nduga meminta pemerintah pusat untuk menarik mundur para aparat keamanan. Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Nduga, Namia Wijangge banyak dari masyarakat yang trauma terhadap tragedi gerakan separatis di tahun 1996.

"Trauma itu terus terbawa sampai dengan sekarang. Sehingga persoalan ini dalam waktu singkat ini mau diselesaikan sangat susah," kata Namia.

Menurutnya, anggota TNI/Polri justru sebenarnya tidak berjaga di pembangunan infrastruktur. Tetapi malah masuk ke perkampungan.

"Anggota TNI Polri yang dikirim ke sana itu bukan menjaga pembangunan jalan tetapi masuk ke kampung-kampung masyarakat di sana," ucapnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Mendagri Belum Terima Surat Pengunduran Diri Wakil Bupati Nduga
Mahfud MD Anggap Pengunduran Diri Wabup Nduga Bagian Manuver Politik
Wakil Bupati Nduga Mengundurkan Diri, Wapres Ma'ruf Serahkan ke Mendagri
Ini Tanggapan Mahfud MD Terkait Mundurnya Wakil Bupati Nduga
Jelang Natal, Anggota DPR Minta Operasi Militer di Papua Dihentikan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5