Pemeran Perempuan 'Vina Garut' Dituntut Hukuman 5 Tahun Penjara

Pemeran Perempuan 'Vina Garut' Dituntut Hukuman 5 Tahun Penjara
PERISTIWA | 5 Maret 2020 19:24 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut V, terdakwa dalam kasus video asusila 'Vina Garut' selama lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider tiga bulan kurungan penjara. Tuntutan tersebut dibacakan JPU dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Garut, Kamis (5/3).

kasi Pidum Kejaksaan Negeri Garut, Dapot Dariarma mengatakan tuntutan kepada V lebih tinggi 1 tahun dibanding dua terdakwa lainnya, D dan W. "V ini tidak kooperatif selama persidangan. Kalau D dan W kooperatif," kata Dapot kepada wartawan usai persidangan.

Selama persidangan, Dapot menyebut bahwa V memang selalu mengelak perbuatannya meski fakta yang dimiliki JPU, dia melakukan hal tersebut lebih dari satu kali.

"Tuntutan dari kami kepada V yakni lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar atau subsider tiga bulan kurungan. Kalau dendanya tak dibayar, diganti dengan kurungan penjara tiga bulan," sebutnya.

Untuk terdakwa D dan W, diakui Dapot, JPU memang menuntut lebih ringan, yaitu hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider kurungan 3 bulan penjara. Tuntutan tersebut diberikan karena keduanya mengaku perbuatan dan kooperatif selama memberikan keterangan di persidangan.

Dapot mengungkapkan bahwa keterangan yang diberikan oleh D dan W tidak seperti V yang banyak mengelak dan berbelit-belit.

"Kedua terdakwa sangat membantu ketika memberikan keterangan, sehingga sikap tersebut membuat hukuman terhadap D dan W bisa lebih ringan. Secara umum ketiga terdakwa dinilai para jaksa sudah memenuhi unsur pidana dalam undang-undang pornografi Pasal 4 ayat 1," ungkapnya.

Dalam persidangan, V mengajukan pledoi atau pembelaan. Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembelaan terdakwa. (mdk/cob)

Baca juga:
VA Tertekan Saat Dengar Pengakuan 2 Saksi dan Video Vina Garut Diputar di Persidangan
Vina Masih di Bawah Umur Saat Video Asusila 'Vina Garut' Dibuat
Pengacara Ungkap Pemeriksaan Psikologi Vina Garut: Ada Kecenderungan Bunuh Diri
Bantah Pengacara Vina, Polisi Sebut Setiap Laporan harus dengan Bukti Kuat
Para Terdakwa Kasus Video Vina Garut Jadi Saksi di Persidangan
Pengacara Sebut Vina Sempat Lapor Polisi Sebelum Videonya Viral

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami