Pemerintah akan Buat Tim untuk Pemulangan WNI Simpatisan ISIS

PERISTIWA | 19 Juli 2019 14:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Nasib WNI anggota dan simpatisan ISIS yang ingin kembali ke Indonesia hingga kini masih terkatung-katung. Menko Polhukam Wiranto mengatakan, Pemerintah akan membuat task force atau satuan tugas, terkait pemulangan eks ISIS ke Indonesia.

"Sekarang kita sedang membuat satu tim khusus task force untuk melakukan pendalaman ini. Kita tahu bahwa sekarang kira-kira masih ada 120 yang ditampung di camp-camp perbatasan antara Suriah dan Irak, tapi kebanyakan perempuan dan anak-anak, laki-lakinya enggak ada. Tapi juga ada usaha-usaha pemerintah di sana untuk melakukan proses hukum bagi laki-laki yang nyata-nyata terlibat di dalam gerakan ISIS di sana," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (19/7).

Dia menuturkan, hal ini tidak bisa diselesaikan oleh Indonesia sendiri. Karena menyangkut negara lain.

"Maka, perlu ada task force yang nanti akan kita tugaskan mendalami masalah ini dan langkah yang terbaik itu bagaimana," jelas Wiranto.

Namun, masih kata dia, yang pasti jangan sampai merugikan Indonesia "Jangan sampai kita memulangkan bibit-bibit penyakit yang sudah di-brainwash untuk anti Pancasila dan anti NKRI untuk kembali ke Republik Indonesia yang kita cintai," kata Wiranto.

Karenanya, masih kata dia, tidak perlu ada spekulasi lagi. Semuanya harus ditunggu.

"Jadi tidak perlu berspekulasi lagi, nanti kita tunggu bagaimana task force yang kita bentuk ini bekerja dan menghasilkan keputusan kebijakan pemerintah yang cukup memadai," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pemerintah Masih Kumpulkan Informasi untuk Pemulangan WNI Bekas Anggota ISIS
Rencana Pemulangan Eks ISIS, Polri Sebut Perempuan Butuh Penanganan Khusus
BNPT Minta Pemerintah Beri Kesempatan Kedua Mantan Kombatan ISIS
BNPT Siap Pulangkan Keluarga Mantan Anggota ISIS
Menggunakan WNI Mantan Kombatan ISIS Melawan Narasi Ekstremis
Kepala BNPT: Jika Kombatan ISIS Dimarjinalkan, Habis Sudah

(mdk/bal)