Pemerintah Diminta Cek Akurasi Data Antisipasi Penyaluran Bansos Tak Tepat Sasaran

Pemerintah Diminta Cek Akurasi Data Antisipasi Penyaluran Bansos Tak Tepat Sasaran
Bansos bahan pangan untuk warga yang isolasi mandiri. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 31 Juli 2021 19:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menegaskan kevalidan data merupakan kunci penyaluran bantuan sosial yang tepat sasaran. Hal ini kerap diutarakan dalam rapat-rapat berbagai pihak yang berkaitan dengan bantuan sosial, baik Kemensos maupun pemerintah daerah.

"Bagaimana mau dibagikan secara merata sementara orang yang mau dibagikan pun datanya acak-acakan. Ini kan sesuatu yang problematis," ungkap dia dalam diskusi Smart FM, Sabtu (31/7).

Menurut politisi Golkar itu, data penerima bansos yang tidak valid akan berdampak pada implementasi di lapangan. Bisa saja bantuan diberikan kepada orang yang tidak tepat. Sedangkan orang yang seharusnya menerima bansos, tidak mendapatkan haknya.

Walau demikian, lanjut Ace, patut diakui bahwa verifikasi dan validasi data bukan sepenuhnya tanggung jawab Kemensos. Pemerintah Daerah juga punya andil dalam proses pemutakhiran data penerima bansos.

"Kita harus akui ada keterbatasan yang dialami Kemensos. Karena kita tahu, bahwa bidang sosial itu merupakan urusan yang juga didesentralisasikan. Jadi ada kewenangan pemerintah daerah di situ," jelas dia.

"Memang soal pendataan tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Karena kita tahu proses verifikasi dan validasi data, diinput oleh Dinsos Kabupaten/Kota," tandasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Polisi Periksa Ketua RW di Depok Terkait Dugaan Pemotongan Bansos Tunai
Bansos Dinilai Didominasi Fungsi Politik untuk Dongkrak Popularitas Pemerintah
Pemerintah Diminta Cek Akurasi Data Antisipasi Penyaluran Bansos Tak Tepat Sasaran
Timbulkan Kerumunan, Pembagian Bansos di Deli Serdang Dibubarkan Satgas Covid-19
Wamenkeu Soal Pungli Bansos Covid-19: Kita Sebal Sekali Sebab Mencari Uang APBN Susah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami