Pemerintah Jamin Vaksin Covid-19 Halal

Pemerintah Jamin Vaksin Covid-19 Halal
PERISTIWA | 27 Oktober 2020 17:14 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mengatasi pandemi virus Corona. Salah satu upaya mengatasi pandemi yang dilakukan pemerintah adalah melakukan pengadaan vaksin.

Pengadaan vaksin Corona yang dilakukan pemerintah ini justru mendapatkan pro dan kontra. Salah satunya mengenai kehalalan vaksin Corona.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19, Erick Thohir menerangkan guna menepis keraguan masyarakat mengenai kehalalan vaksin Corona, pemerintah pun menggandeng MUI. MUI dilibatkan pemerintah dalam proses uji vaksin yang dilakukan di Bandung.

Selain itu, lanjut Erick, MUI pun dilibatkan dalam proses pembelian vaksin di luar negeri. Setiap kali akan membeli vaksin di negara lain, pemerintah membawa perwakilan MUI.

"Untuk Isu halal dan haram sama kita sejak awal melibatkan MUI dalam proses uji vaksin di Bandung. Bahkan kita mengirimkan perwakilan MUI ke China bahkan United Arab dan bahkan negara lainnya yang di mana vaksinnya kalau kita menjadi akan beli dalam merek tertentu," ungkap Erick, Selasa (27/10).

Menteri BUMN ini menjabarkan jika selain membeli vaksin di luar negeri, pemerintah juga tengah mengembangkan vaksin buatan dalam negeri yang dinamai vaksin Merah Putih.

Erick membeberkan jika vaksin Merah Putih ditargetkan bisa diproduksi massal pada tahun 2022 mendatang. Sementara untuk tahun 2020 dan 2021 untuk mengatasi pandemi virus Corona, pemerintah akan mengandalkan vaksin buatan luar.

"Pengembangan vaksin Merah Putih adalah sangat penting. Karena pengadaan vaksin impor tidak boleh menjadi kebiasaan. Kita harus mengadakan Vaksin Merah Putih sendiri agar di 2022 tidak beli lagi vaksin dari luar negeri, tapi lakukan sendiri," tegas Erick. (mdk/gil)

Baca juga:
Pemerintah Gandeng 3 Perusahaan Swasta Produksi 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19
Penjelasan Menko Airlangga soal Kabar Pembatalan Beli Vaksin Astra Zeneca
Ogah Bergantung Impor, Pemerintah Targetkan Vaksin Merah Putih Diproduksi 2022
Penelitian Inggris: Antibodi Terhadap Covid-19 Tidak Bertahan Lama
Erick Thohir Sebut Vaksin Corona Diberikan Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami