Pemerintah Jayawijaya Ajak Pengojek Orang Asli Papua Urus Kartu Pengendali Pengemudi

Pemerintah Jayawijaya Ajak Pengojek Orang Asli Papua Urus Kartu Pengendali Pengemudi
Pejabat Dishub Jayawijaya Jefri Simon Souisa. ANTARA
NEWS | 17 September 2021 01:02 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Para pengojek Orang Asli Papua (OAP) diajak Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk mengurus kartu pengendali pengemudi ojek (KPPO).

Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas di Dinas Perhubungan Jayawijaya, Jefri Simon Souisa di Wamena, Kamis, mengatakan dari beberapa kali razia ditemukan sejumlah pengojek OAP tidak memiliki KPPO.

"Ada kendaraan yang lengkap, ada yang tidak, terutama saudara-saudara kita yang putra asli, sehingga kami memohon supaya mereka juga bisa melengkapi KPPO untuk kendaraan yang mereka gunakan," katanya, Kamis (16/9) seperti diberitakan Antara.

Pemerintah menerapkan KPPO bagi pengojek untuk mencegah adanya tindak kriminal dari oknum yang mengaku sebagai pengojek.

"Kami merangkul mereka supaya mereka juga bisa menertibkan kota ini dan bekerjasama dengan kita di dinas perhubungan," katanya.

KPPO dikeluarkan untuk mencegah pengojek liar serta memudahkan pemerintah serta komunitas pengojek memantau aktivitas pengojek yang terdata di masing-masing pangkalan.

Syarat mendapatkan KPPO sangat mudah yaitu harus bergabung dengan pangkalan ojek terdekat agar mudah dimonitor, serta harus menyertakan salinan STNK, KTP dan surat izin mengemudi.

Berdasarkan pantauan Antara, sangat minimnya angkutan penumpang di Jayawijaya mendorong jumlah pengojek sangat banyak. Pengojek sangat membantu masyarakat untuk bepergian. (mdk/rhm)

Baca juga:
Momen Ojol Ketiban Rejeki, Bahagia Belanja Sembako Malah Bagi-bagi
Kisah Pemuda Pekerja Keras Jadi Ojol Hingga Kuli Bangunan, Adu Nasib Kini Jadi Polisi
Tukang Parkir di Polres jadi Polisi, Orangtuanya Pas Tahu Sampai Mau Pingsan
Viral Aksi Driver Ojol Tempel Foto Keluarga di Motor, Alasannya Bikin Haru
Rawan Jadi Korban Kekerasan, Pengojek di Jayawijaya Diimbau Tidak Keluar Kota
Tante Ismi Dulu Kerja di Alfamart Nyambi jadi Ojol, Kini Tajir Beli Rumah Mewah

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami