Pemerintah Minta Investor Tak Khawatirkan Situasi Pemilu

PERISTIWA | 16 April 2019 20:20 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau investor tak khawatir terhadap situasi Pemilu serentak yang digelar besok, Rabu 17 April 2019. Dia memastikan pesta demokrasi di Tanah Air akan berjalan lancar dan damai.

"Saya tegaskan bahwa ini tidak perlu ditakutkan oleh siapa pun apalagi para investor untuk pesta demokrasi di Indonesia," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (16/4).

Mantan Panglima TNI ini menyebut Indonesia memiliki pengalaman dan kematangan demokrasi yang luar biasa. Hal itu terbukti saat pagelaran Pilkada serentak di 171 daerah pada 2018 lalu. Pilkada tersebut berjalan lancar.

"Itu terbukti dari 171 Pilkada serentak semuanya itu seolah-olah berpikir ada sesuatu, tetapi buktinya semua berjalan baik-baik saja. Tidak ada situasi yang menakutkan," ujarnya.

Menurut Moeldoko perdebatan sengit soal pilihan politik hanya terjadi di media sosial. Bahkan perbedaan pilihan politik seolah-olah bisa memicu peperangan. Itu terjadi saat Pilkada DKI 2018.

"Seolah-olah akan terjadi perang di lapangan, ternyata tidak terjadi apa-apa. Kalau saya masuk ke dalam kampung-kampung, mereka juga tidak terlalu pusing, yang mereka pikirkan nyoblos, sudah," kata dia.

Moeldoko memastikan pagelaran Pemilu serentak 2019 akan dikawal ketat. Aparat keamanan dan penyelenggara Pemilu bakal menjalankan tugasnya dengan baik.

"Tidak usah berlebihan takut. Pemerintah, TNI dan Polri siap untuk menghadapi situasi apa pun," pungkasnya.

Baca juga:
TPS 42 di Tangerang Roboh Disapu Angin Kencang
KPU Jabar Pindahkan Ratusan TPS dari Daerah Banjir
H-1 Pemilu, KPU Depok Bakar 2.300 Surat Suara Rusak
BPN Bantah Prabowo Akan Naik Kuda ke TPS
Uniknya TPS di Semarang Mirip Lokasi Pesta Pernikahan
3 Wilayah di Garut Kekurangan Surat Suara Pemilu 2019

(mdk/eko)