Pemerintah Sudah Periksa 20 Ribu Spesimen Terkait Virus Corona

Pemerintah Sudah Periksa 20 Ribu Spesimen Terkait Virus Corona
PERISTIWA | 11 April 2020 16:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah terus melakukan melakukan pemeriksaan dengan sampel dahak atau swab test untuk mendeteksi virus corona (Covid-19). Hingga kini, telah 20 ribu spesimen yang diuji oleh Kementerian Kesehatan.

"Per hari ini, tanggal 11 April kita sudah melakukan pemeriksaan hampir 20.000 sampel," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto dalam video conference di Youtube BNPB, Sabtu (11/4).

Menurut dia, uji spesimen tersebut dilakukan di 40 laboratorium di berbagai daerah. Yurianto menyebut pemeriksaan dilakukan metode real time Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Ini adalah upaya kita untuk menegakkan diagnosa pasti melalui pemeriksaan fisik real time," kata dia.

Dari 20 ribu spesimen yang diuji, 3.842 sampel dinyatakan positif virus corona. Adapun pasien meninggal akibat penyakit ini sebanyak 327 orang sementara pasien sembuh totalnya ada 286 orang.

Untuk itu, pemerintah meminta agar seluruh masyarakat disiplin mengikuti seluruh aturan yang telah dibuat pemerintah terkait penanganan virus ini. Yurianto mengatakan aturan-aturan tersebut dibuat guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

"Kami berterima kasih kepada semua warga negara Indonesia yang telah patuh, yang telah disiplin untuk bersama-sama mengendalikan penyakit ini dengan memutus rantai penularannya dengan mematuhi segala aturan yang telah kita berikan," jelas Yurianto.

Reporter: Lizsa Egeham (mdk/ray)

Baca juga:
Tim FKM UI Dukung PSI Terkait Transparansi Kemenkes soal Penanganan Covid-19
790.000 APD Kualitas Premium Sudah Didistribusikan ke Seluruh Indonesia
Pemerintah: Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Sesuai Protokol, Warga Jangan Takut
Menag Puji Gereja Gelar Paskah Secara Sederhana di Tengah Pandemi Covid-19
Hotel Tutup Karena Covid-19, PSK di Meksiko Menggelandang di Jalan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami