Pemerintah Terus Mendorong Kepala Daerah Evaluasi Kesbangpol

Pemerintah Terus Mendorong Kepala Daerah Evaluasi Kesbangpol
PERISTIWA | 21 Juni 2019 11:26 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Dalam Rangka menindaklanjuti pasca berlakunya permendagri 11 tahun 2019 tentang Perangkat Daerah yang melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang Kesatuan Bangsa dan Politik, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah menggagas kegiatan penguatan sinergitas kelembagaan Kesbangpol pada malam hari ini Kamis (20/6) bertempat di The Adhiwangsa Hotel&Convention Kota Surakarta.

Pemprov Jawa Tengah mendatangkan Narasumber Utama Didi Sudiana Selaku Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat struktur Kesbangpol di daerah dan menentukan arah kebijakan Kesbangpol di Pusat dengan daerah, ujar Soewondo, Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah .

Didi menjelaskan bahwa permendagri 11 tahun 2019, merupakan Penjabaran dari pasal 122 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah sehingga dapat memberikan kepastian hukum pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah yang saat ini melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesatuan bangsa dan politik khususnya kedudukan, tugas, fungsi, struktur dan tata kerja.

Pemerintah Pusat terus mendorong Kepala Daerah untuk segera melakukan evaluasi kelembagaan perangkat daerah Kesbangpol yang masih berbentuk Kantor menjadi Badan dengan mempedomani Pasal 20 Permendagri No 11 Tahun 2019.

Penataan perangkat daerah Kesbangpol dimaksudkan untuk mengakomodasi dinamika perkembangan pelaksanaan tupoksi dari Kesbangpol selain itu di sebagian daerah program strategis kesbangpol kurang terakomodir.

Soewondo dalam acara ini juga menjelaskan bahwa pada saat ini kesbangpol provinsi jawa tengah sudah memulai dan sedang dalam proses kesbang kab/kota lingkup jawa tengah untuk melakukan evaluasi kelembagaan dengan peningkatan status kantor menjadi badan.

"Saya apresiasi peserta semua nya tampak bersemangat dalam acara ini walopun kegiatan ini di laksanakan pada malam hari dan juga kesbangpol prov jateng yang telah menginisiasi kegiatan ini dapat berlangsung sehingga akan terjadi penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman pada kesbang kab/kota pasca penetapan permendagri 11 tahun 2019 ini," pungkas Didi. (mdk/hrs)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami