Pemilik Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Ungkap Kunci Sukses Bisnis Kuliner

PERISTIWA | 18 Oktober 2019 11:16 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Salah satu pengusaha sukses asal Kota Solo, Puspo Wardoyo (51) membeberkan kiat sukses dalam membuka usaha. Memulai usaha dari nol, pemilik rumah makan Ayam Bakar Wong Solo ini kini mempunyai 283 cabang di Indonesia. Menurutnya, kunci sukses usaha apapun hanya satu, fokus.

"Kalau mau berbisnis itu, carilah bakatmu yang terbaik. Terus harus fokus, jangan pindah-pindah. Bakat yang kamu senengi ya itu, harus sungguh-sungguh. Pasti akan sukses," ujar Puspo kepada wartawan di Solo, Kamis (17/10).

Menurut pria kelahiran Solo, 30 November 1967 itu, semua usaha mempunyai peluang. Asalkan dinikmati, nyaman, dijalani dengan ikhlas dan kesungguhan. Kemajuan teknologi, juga harus bisa dimanfaatkan untuk memperlancar usaha. Faktor yang mempengaruhi seseorang gagal dalam menjalankan usaha karena dipengaruhi beberapa faktor. Seperti tidak fokus dan hanya sekedar coba-coba.

"Ada yang bilang berbisnis itu mengandung nasib, salah kalau menurut saya. Bisnis itu tetap harus ada ruhnya. Ruhnya adalah harus ada bakal. Dalam hadis disebutkan, carilah bakatmu yang terbaik," jelasnya.

Di tengah menjamurnya bisnis kuliner di Solo, Puspo mengaku tidak mempermasalahkannya. Setiap orang mempunyai jatah rezki tersendiri dari yang di Atas.

"Semua pekerjaan jangan coba-coba, jadi enggak boleh coba-coba, harus sungguh-sungguh. Semua ada jatahnya dari Allah, ruhnya ada semua. Mesti akan kebagian semua, tidak mungkin tidak," tandasnya.

Jika tidak punya bakat, Puspo menyarankan agar bekerja sama dengan orang yang terampil. Ia mencontohkan, seorang yang bekerja kantoran, namun mempunyai modal yang cukup, ia bisa menggandeng orang yang mempunyai ketrampilan untuk memulai usaha.

Dengan kiat tersebut, Puspo yakin seseorang akan sukses menjalani bisnis barunya. Bukti kesuksesan Puspo adalah dengan terus membuka cabang baru.

"Sekarang sudah ada 283 cabang di seluruh Indonesia. Setiap dua minggu sekali, Alhamdulillah kita bisa buka cabang baru," pungkasnya.

Baca juga:
VIDEO: Jatuh Bangun Juragan Warteg Kharisma Bahari
Ekspansi Usaha, Bandar Djakarta Ingin Populerkan Masakan Nusantara keluar Negeri
Park and Ride Thamrin Akan Diubah Jadi Pusat Kuliner
Milenial Mandiri di Era Industri Digital
Toko Makanan di Jepang Tutup Setelah Video Viral Tikus Berkeliaran
KFC Indonesia Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

(mdk/cob)