Pemkab Bogor Alokasikan Rp14 Miliar Bantu 1.000 UMKM

Pemkab Bogor Alokasikan Rp14 Miliar Bantu 1.000 UMKM
UMKM. ©2021 Merdeka.com/Haris Kurniawan
NEWS | 3 Oktober 2022 23:31 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Bogor menganggarkan sekitar Rp14 miliar, demi membantu masyarakat terimbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kebijakan ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, anggaran yang diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau dana transfer daerah itu, akan digunakan untuk membantu UMKM, hingga menggelar pasar murah.

"Kami sudah ambil langkah sesuai arahan Presiden, anggarannya kan 2 persen dari dana transfer. Dua kegiatan disepakati, yakni membantu 1.000 pelaku UMKM dan intervensi harga bahan pokok," katanya di Bogor, Senin (3/10).

2 dari 3 halaman

Menurutnya, operasi pasar dilakukan di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor, dengan harapan masyarakat dapat membeli bahan-bahan pokok dengan harga murah.

Iwan menyebutkan, Pemkab Bogor fokus pada beberapa hal tersebut, untuk dilaksanakan hingga akhir tahun ini, serta berupaya agar bisa mengalokasikan dana bantuan akibat kenaikan BBM ini tepat sasaran, tidak tumpang tindih dengan kegiatan lain.

“Intinya berkaca dari penanganan Covid yang cukup berhasil di Indonesia, penanganan inflasi pun harus kompak, harus bersatu dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai ke tingkat desa. Seperti saat kita menangani Covid-19, kalau Covid-19, kita bisa bersama-sama, urusan inflasi ini kita juga harus bersama-sama,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya, soal percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan minta semua dinas memberikan masukan, apa langkah-langkah konkret dalam mengurangi angka kemiskinan ekstrim ini. Salah satunya berkoordinasi dengan kementerian, terutama mengenai data kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bogor yang tercatat di pusat.

“Kalau hanya mengandalkan beberapa dinas, tidak akan mungkin bisa, tapi saya yakin jika seluruh dinas bersinergi membuat kegiatan kolaborasi untuk mengatasi kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bogor, pasti bisa,” tandas Iwan.

(mdk/fik)

Baca juga:
Kontribusi UMKM ke PDB Capai Rp8.574 Triliun di 2021
Pemerintah Bakal Libatkan Startup Dorong Digitalisasi UMKM
Perkuat UMKM, Pengusaha Diminta Transfer Pengetahuan dan Teknologi
Terbuat dari Kulit Ceker Ayam, Intip Keunikan Sepatu Buatan Warga Bandung Ini
Ikut Arahan Erick Thohir, UMKM Batik Binaan Pupuk Indonesia Bisa Ekspor Sampai ke AS
Jokowi Ingatkan Pengusaha Jangan Bangun Pabrik Tapi Lingkungan Sekitar Masih Miskin
Sandiaga Uno: Penguatan UMKM Bisa Atasi Resesi di Indonesia

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini