Pemkab Mamberamo Raya Rintis Jalan Penghubung Antarkabupaten

Pemkab Mamberamo Raya Rintis Jalan Penghubung Antarkabupaten
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mamberamo Raya Albertus. ©2022 Merdeka.com/Richard Jackson Mayor
NEWS | 28 Januari 2022 23:00 Reporter : Richard Jakson Mayor

Merdeka.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mamberamo Raya segera merintis jalan penghubung dengan kabupaten lainnya di Papua. Mereka berupaya membuat jalur yang melewati empat distrik di wilayah muara Sungai Mamberamo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mamberamo Raya Albertus mengatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi yang bakal dibangun jalan. Proyek itu nantinya dikerjakan setelah penetapan APBD Kabupaten Mamberamo Raya tahun anggaran 2022.

"Jalan yang bakal kami buka untuk dilewati beberapa distrik di wilayah muara Mamberamo, yang selama ini hanya bisa dijangkau melalui sungai, sehingga dengan adanya jalan tentunya memudahkan masyarakat dalam mobilitas dan juga berdampak pada kemajuan daerah. Dan jalan ini bakal juga terhubung dengan jalan nasional di Kabupaten Sarmi, tepatnya di Distrik Bonggo," kata Albertus, Jumat (28/1).

Saat peninjauan lokasi dan berdialog dengan masyarakat di Kampung Anggreso, masyarakat sangat mendukung program pembangunan jalan yang dicanangkan Bupati John Tabo dan Wakilnya Ever Mudumi.

"Untuk pembangunan jalan yang dicanangkan tersebut murni menggunakan dana dari APBD Kabupaten Mamberamo Raya, dan pada tahun berikutnya diupayakan agar pembangunan jalan ini mendapat dukungan dari Kementerian PUPR melalui dana multiyears," imbuh Albertus.

Pencanangan pembangunan jalan itu bakal dihadiri Menteri PUPR. Kegiatan rencananya diadakan di Kampung Anggreso, Distrik Memberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya.

2 dari 2 halaman

Dirindukan Warga sejak Lama

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat di Kampung Anggreso, Yudas Sauniri, menuturkan, mereka sejak dulu merindukan jalan yang memadai. Namun, harapan mereka belum juga terwujud.

Warga sangat gembira dengan peninjauan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mamberamo Raya. Mereka siap mendukung pekerjaan jalan itu.

"Rindu kami akan jalan yang memadai akhirnya terjawab sudah karena melalui Bapak Bupati John Tabo dan Wakil Bupati Ever Mudumi, jalan yang kami rindukan siap dikerjakan," ucap Yudas Sauniri, seorang warga.

Sekedar diketahui, dengan dibukanya jalan itu, daerah-daerah yang selama ini terisolasi diyakini bakal mengalami kemajuan dan perubahan pesat di berbagai bidang. (mdk/yan)

Baca juga:
Pemerintah Siapkan Pembangunan Infrastruktur Dasar Ibu Kota Baru
Pembangunan Gedung IT Mandiri Bumi Slipi Ditargetkan Rampung Akhir 2023
Bahlil Ungkap Rahasia Realisasi Investasi 2021 Bisa Rp901 T, Ada Peran Jokowi
Uji Layak Fungsi Kuartal I 2022, Kapan Ruas Tol Pamulang-Cinere Bisa Beroperasi?
Masuk PKPU Sementara, WSBP Pastikan Operasional Tetap Berjalan Normal
Memantau Proyek Renovasi TMII dengan Alokasi Dana Rp1,13 Triliun

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami