Pemkab Pangandaran Ancam Tutup Objek Wisata jika Pelaku Usaha Belum Divaksin

Pemkab Pangandaran Ancam Tutup Objek Wisata jika Pelaku Usaha Belum Divaksin
Pantai Pangandaran. ©2021 Youtube My Ano Channel/Merdeka.com
NEWS | 15 September 2021 11:04 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mewajibkan seluruh pelaku usaha wisata di Kabupaten Pangandaran menjalani vaksinasi. Jika angka vaksinasi masih di bawah 90 persen, tempat wisata akan ditutup.

"Saya akan beri waktu sampai Kamis kepada pelaku usaha. Kalau belum divaksin, (vaksinasi) di atas 90 persen, maka kita akan tutup wisata," kata Jeje, Rabu (15/9).

Jeje mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan melakukan perbaikan dalam hal penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata. Langkah itu dilakukan setelah objek wisata di Pangandaran menjadi sorotan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan karena ramainya wisatawan tanpa menerapkan prokes.

Pihaknya, kata Jeje, sebetulnya sudah mewanti-wanti para pelaku usaha agar senantiasa menerapkan prokes saat tempat wisata dibuka. Mereka pun diwajibkan untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

Selain vaksinasi, Pemkab Pangandaran juga selalu mengingatkan pelaku usaha agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. "Wisatawan yang datang ke Pangandaran dibatasi maksimal 25 persen di setiap objek wisata dan berjalan sesuai aturan. Namun, ketika di dalam objek wisata banyak wisatawan yang hanya berkumpul di satu titik tertentu," jelasnya.

Ia mencontohkan, jumlah wisatawan saat ini sekitar 10 ribuan orang per hari di kawasan Pantai Pangandaran. Namun di lapangan, rupanya mayoritas wisatawan kebanyakan berkegiatan di sekitar pantai barat, sedangkan di pantai timur relatif sepi.

"Persoalannya di pantai barat. Kalau semua berkumpul di sana, jadi penuh. Padahal kapasitas Pantai Pangandaran itu bisa menampung sampai 12-14 ribu. Kita akan melakukan evaluasi terkait penumpukan wisatawan di pantai barat. Salah satu rencana penguraian yang akan dilakukan adalah dengan sistem buka-tutup di kawasan pantai barat," ungkapnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Tren COVID-19 Menurun, Ini 3 Obyek Wisata di DIY yang Mulai Lakukan Uji Coba Buka
TMII Akan Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata pada 17 September
Menko Luhut: Pantai Pangandaran Dipenuhi Pengunjung & Diperparah Lemahnya Prokes
Ganjil Genap akan Diterapkan di Tempat Wisata Mulai Jumat-Minggu Pukul 12.00-18.00
Ancol Kembali Buka Dufan Mulai Selasa 14 September
Ratusan Wisatawan Menuju Kawasan Wisata di Gunungkidul Diputarbalik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami