Pemkab Sleman Percepat Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Pemkab Sleman Percepat Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia
Oma Inna, lansia tertua di Kota Tangerang yang menerima vaksin Covid-19. ©2021 tangerangkota.go.id/Merdeka.com
PERISTIWA | 16 April 2021 09:45 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada warga lanjut usia (lansia), warga yang berusia 60 tahun ke atas.

"Ini dilakukan karena mengingat lansia merupakan salah satu kelompok paling rentan terhadap penularan Covid-19," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Atikah Nurhesti di Sleman, Jumat (16/4).

Dia menjelaskan, pelayanan vaksinasi bagi warga lansia yang sudah mendaftar untuk menjalani vaksinasi tersedia di puskesmas, yang juga bekerja sama dengan instansi lintas sektor di wilayah kerjanya untuk mendata warga lansia yang belum mendapat vaksinasi.

"Pendataan ini terutama bagi lansia yang berdomisili di Sleman namun belum mendapatkan vaksin," ujarnya.

Berdasarkan hasil pendataan tersebut, Atikah menjelaskan, targetnya pada 16 April 2021 bisa dilakukan pemetaan fasilitas pelayanan vaksinasi bagi warga lansia di 24 rumah sakit, 25 puskesmas, serta fasilitas layanan vaksinasi secara massal.

"Langkah ini dilakukan guna percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia," terangnya seperti dilansir dari Antara.

"Kami optimistis mampu segera menyelesaikan vaksinasi terhadap lansia, yang diharapkan selesai akhir Mei 2021," ia menambahkan.

Namun demikian dia menyampaikan bahwa kecepatan pelayanan vaksinasi juga tergantung pada ketersediaan vaksin Covid-19 di daerah.

Atikah mengimbau warga lansia di Sleman disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan diri.

"Serta mengelola penyakit tidak menular yang diderita agar siap divaksin Covid-19," jelasnya.

Warga Sleman yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan vaksinasi dapat menghubungi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman lewat nomor telepon 0274 868409 atau puskesmas di wilayah domisili. (mdk/fik)

Baca juga:
Pasang Badan Mantan Menteri dan Eks Panglima TNI di Tengah Polemik Vaksin Nusantara
Membedah Vaksin Nusantara
Dukung Terawan, Eks Menkes Fadhilah Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Nusantara
Satgas Covid-19: Vaksin Nusantara Dikembangkan di Amerika & Uji Coba di Indonesia
Satgas Covid-19 Sebut EUL Vaksin Sinovac Keluar Akhir Mei 2021
Kisah Inna Wati, Lansia Tertua Berusia 102 Tahun di Tangerang yang Jalani Vaksinasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami