Pemkot Bandung Ajukan Mal Buka untuk Pulihkan Ekonomi

Pemkot Bandung Ajukan Mal Buka untuk Pulihkan Ekonomi
Mal Grand Indonesia Sepi. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani
NEWS | 3 Agustus 2021 04:03 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengupayakan pusat perbelanjaan atau mal dapat kembali beroperasi guna menyelamatkan para pelaku usaha, ekonomi daerah dan masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pihaknya telah menyampaikan surat kepada sejumlah kementerian dan juga kepada Gubernur Jawa Barat terkait adanya aspirasi dari para pelaku bisnis yang terdampak oleh adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Mereka juga tidak serta merta langsung 50 persen (kapasitas) bisa menerima pengunjung, karena mereka minta untuk diberi ruang itu, hanya 25 persen, jadi aspirasinya nanti minta ada relaksasi itu, dengan catatan protokol kesehatan super ketat," katanya di Bandung, Senin (2/8).

Saat ini, menurutnya, mal pun memang sejumlah gerai di pusat perbelanjaan bisa diperbolehkan untuk buka. Namun yang diperbolehkan buka itu hanya gerai yang melayani kebutuhan esensial dan kritikal. Sehingga aspirasi permintaan relaksasi yang ia maksud ialah datang dari para pelaku bisnis yang menjual produk non esensial dan non kritikal.

"Jadi intinya nanti yang non esensial itu diharapkan bisa dibuka gitu," jelasnya.

"Wali Kota menyampaikan aspirasi itu, tapi secara politik pak Wali juga taat pada aturan Inmendagri ya, sebagai kepala daerah kan dia harus mendengar dan menyampaikan aspirasi warganya," tambah Ema seperti dilansir dari Antara.

Dengan sejumlah indikator penurunan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung, mulai dari keterisian ruang isolasi yang menurun, angka kesembuhan yang bertambah, ia harap status Kota Bandung bisa turun ke Level 3.

"Apapun bagi kami bahwa mobilitas terus kami upayakan untuk terkendali, makanya edukasi kemudian patroli pengawasan terus kita lakukan, jangan pernah kendor," tutup Ema. (mdk/fik)

Baca juga:
Pengusaha Mal Minta Pemerintah Subsidi 50 Persen Gaji Karyawan Selama Satu Tahun
VIDEO: Seluruh Gerai Giant di Indonesia Resmi Tutup Permanen
Pengusaha Harap PPKM Jakarta Turun ke Level 3 dan Mal Boleh Buka
Pengusaha Sentil Pemerintah: Sektor Produksi Dibantu Tapi Perdagangan Ditutup
Pengelola Mal Diminta Buat Konsep Baru di Masa Pandemi
Sejak April, Rata-Rata 4 Toko Anggota Aprindo Tutup Tiap Harinya Terdampak Pandemi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami