Pemkot Bandung Mulai Buka Bioskop, Ridwan Kamil Ingatkan Soal Tanggung jawab

Pemkot Bandung Mulai Buka Bioskop, Ridwan Kamil Ingatkan Soal Tanggung jawab
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com/Aksara Bebey
PERISTIWA | 9 Oktober 2020 17:52 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung mengizinkan pengelola bioskop untuk membuka jam operasional meski masih berstatus zona merah. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta setiap kebijakan yang diambil diimbangi dengan penanganan risiko.

Pembukaan bioskop sudah dimulai Jumat 9 Oktober 2020. Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kenny Dewi Kaniasari mengatakan semua keputusan itu sudah melalui berbagai pertimbangan.

Kesehatan mental menjadi salah satu faktor dari pengambilan kebijakan itu. Menurut dia, bioskop yang merupakan salah satu media hiburan bisa membuat masyarakat bahagia.

"Menurut para ahli, seseorang yang bahagia itu daya imunnya bisa meningkat," terang dia.

Disinggung mengenai wilayah Kota Bandung masih berada dalam kategori zona merah, ia menyatakan sejak pada Rabu 7 Oktober 2020 angka reproduksi atau penularan Covid-19 berada di 0,64 atau terkendali.

Sejauh ini, sudah ada sembilan bioskop sudah mendapatkan surat persetujuan dari Gugus Tugas yakni CGV PVJ, CGV Miko Mall, CGV BEC, CGV Paskal, CGV Metro Indah Mall, CGV Kings, XXI Ciwalk, XXI Ubertos dan Cinepolis Istana Plaza.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa setiap kepala daerah atau pemerintah daerah memiliki kebijakan tersendiri. Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersifat memonitor dan membantu.

Namun, berkaitan dengan pembukaan bioskop, ia mengingatkan setiap aturan harus siap dengan risiko yang dihadapi. Mereka harus bertanggung jawab jika ada klaster baru.

"Itu kebijakan lokal kita monitor aja pada prinsipnya harus bertanggung jawab terhadap apa yang diputuskan kalau ternyata aman ya teori dan benar, kalau enggak harus bertanggung jawab terhadap perkiraan yang keliru," ucap dia. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami