Pemkot Banjarmasin Rencanakan Ujian Akhir Sekolah Tatap Muka

Pemkot Banjarmasin Rencanakan Ujian Akhir Sekolah Tatap Muka
Belajar tatap muka. ©2021 Merdeka.com/Ikhwan
PERISTIWA | 24 Februari 2021 23:01 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Totok Agus Daryanto mengatakan, pihaknya sudah merancang pelaksanaan ujian akhir sekolah dengan sistem tatap muka.

Dia menyampaikan, pelaksanaan ujian akhir sekolah, yakni tingkat SD dan SMP, rencananya dengan pola kehadirannya 50 persen. Ini akan dijalankan jika masa pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Jadi rencananya jumlah keseluruhan siswa akan dibagi dua kelompok untuk bisa menjalani ujian sekolah yang akan dilaksanakan di ruang belajar sekolah," katanya seperti dilansir dari Antara, Rabu (24/2).

Menurutnya, pola kehadiran siswa tersebut tentu dilaksanakan tanpa mengesampingkan penerapan protokol kesehatan yang ketat layaknya belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19. Mengenai mekanisme pelaksanaan ujian, dia menyatakan, akan menggunakan sistem komputer dan tertulis.

"Ini hasil rapat yang kita lakukan bersama para kepala sekolah, termasuk di tingkat SMP. Tidak harus dilaksanakan dengan komputer. Kita serahkan ke sekolah. Jadi tergantung kesanggupan fasilitas yang dimiliki sekolah," ujarnya.

Terkait kapan pelaksanaan ujian akhir sekolah tersebut, Totok menyatakan, masih menunggu instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Tapi kita perkirakan awal April 2021. Kalau tingkat SMP siap semuanya," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Mendikbud Sebut Sekolah Tatap Muka Dimulai Setelah Vaksinasi Guru Selesai
PGRI: Vaksinasi Guru Upaya Strategis Mempercepat Belajar Tatap Muka
Vaksinasi untuk Tenaga Pendidikan, Jokowi Harap Juli 2021 Dimulai Belajar Tatap Muka
IDI Tolak Kebijakan Buka Sekolah Tatap Muka di Sulsel
Guru Positif Covid-19, SMP 10 Padang Setop Belajar Tatap Muka
6 Daerah di Riau Mulai Laksanakan Belajar Tatap Muka

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami