Pemkot Palembang Targetkan Pulau Kemaro Saingi Ancol

Pemkot Palembang Targetkan Pulau Kemaro Saingi Ancol
Ancol kembali ditutup. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
PERISTIWA | 26 Januari 2021 02:32 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Pemerintah Kota Palembang bakal menjadikan Pulau Kemaro sebagai wisata air yang diproyeksikan menjadi tujuan utama wisatawan. Tempat wisata ini diklaim bakal menandingi Taman Impian Jaya Ancol.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pembangunan Pulau Kemaro sebagai wisata air ditargetkan rampung pada 2023. Untuk mewujudkannya, pihaknya akan menggandeng banyak investor dan meminta bantuan Kementerian Pariwisata.

"Target kami 2023 sudah didatangi banyak wisatawan, kami bakal wujudkan target itu," ungkapnya, Senin (25/1).

Menurutnya, banyak keunggulan dari Pulau Kemaro dibanding Ancol. Pulau Kemaro memiliki lahan seluas 25 hektare ditambah 5 hektare milik Pemprov Sumsel, sementara Ancol hanya 22 hektare. Lokasinya berada di sebuah pulau di tengah Sungai Musi dan mudah dijangkau.

"Kalau kita garap secara apik, pasti menjadi tempat wisata yang luar biasa," ujarnya.

Untuk menarik investor, saat ini pihaknya berencana membangun jembatan menuju Pulau Kemaro bersama Pemprov Sumsel. Dengan demikian, wisatawan dapat memilih jalur sungai atau jalur darat menuju kawasan itu.

"Pastinya kami mudahkan aksesnya menuju ke sana. Bisa naik kapal melintasi Sungai Musi atau jalur darat, posisinya tak jauh dari pusat kota," kata dia.

Harnojoyo menyebut Pulau Kemaro bakal dibangun penginapan, permainan wahana air seperti waterboom, pusat rekreasi, dan pusat jajanan baik khas Palembang maupun nusantara.

"Semuanya ada di situ karena lahannya luas, bisa dibangun apa saja," jelasnya.

Program jangka pendek, Pemkot Palembang menjalankan program gotong royong beberapa pekan ke depan yang difokuskan di Pulau Kemaro, pembangunan tanggul, dan menambah fasilitas umum. Perlahan, kawasan itu akan dipercantik hingga target terwujud.

"Untuk sekarang kita pastikan dulu kawasan ini benar-benar bersih biar investor semakin tertarik," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Revitalisasi TPA Kawasan Strategis Pariwisata Mandalika Capai 61 Persen
Pulihkan Pariwisata, Sandiaga Uno Ingin Punya Kantor di Bali
Sandiaga Uno ke Pulau Bintan, Cek Kesiapan Travel Bubble
Pelaku Industri Siap Bantu Pemerintah Pulihkan Pariwisata Nasional
Mengunjungi Barumun Nagari Wildlife Sanctuary, Rumah Bagi Gajah Sumatra yang Terluka
Sukseskan MotoGP, Menteri PUPR Bangun 915 Unit Homestay Senilai Rp62 Miliar di Lombok

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami