Pemkot Solo akan Tertibkan 57 PKL Kalilarangan Solo pada 2020

PERISTIWA | 14 November 2019 23:29 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan kembali menata pedagang kaki lima (PKL) dalam waktu dekat. Para pedagang pinggir Jalan Kalilarangan, Kelurahan Kartopuran yang akan digusur ini adalah para perajin vendel, piala, stempel, pelat nomor dan media iklan luar ruang.

Kabid PKL Dinas Perdagangan Didik Anggono mengatakan, ada 57 PKL yang terkena gusur. Mereka akan dipindahkan ke sekitar Lapangan Kartopuran, yang berjarak 200-300 meter dari lokasi awal.

Menurut dia, penataan PKL tersebut telah diwacanakan sejak setahun lalu. Namun baru sekarang ini ditemukan titik terang.

"Mereka akan dilokalisasi di luar Lapangan Kartopuran, terutama sisi timur dan selatan. Di sana PKL akan ditata dan kami akan membantu pengadaan lapaknya," ujar Didik, Kamis (14/11).

1 dari 2 halaman

Dieksekusi Tahun 2020

Didik menyatakan, rencana tersebut akan direalisasikan awal 2020. Pihaknya akan berkoordinasi dengan para stakeholder terkait dan tokoh masyarakat. Sosialisasi kepada PKL akan dilakukan akhir tahun ini. Untuk keperluan tersebut, pihaknya mengalokasikan anggaran sekitar Rp 350 juta.

Selain pengadaan lapak PKL, anggaran itu juga diperuntukkan bagi penyiapan lahan pengganti. Pihaknya akan menggunakan sebagian trotoar di sisi Lapangan Kartopuran itu. Trotoar tersebut saat ini kondisinya rusak, sehingga harus diperbaiki dan diratakan terlebih dahulu.

2 dari 2 halaman

PKL Picu Kemacetan

Relokasi PKL di Jalan Kalilarangan mendesak dilakukan, karena aktivitas para PKL mengganggu fungsi badan jalan, sehingga memicu kemacetan.

Saat libur panjang atau akhir pekan bisa dilihat, lapak-lapak pedagang yang berada di badan jalan itu membuat Jalan Kalilarangan macet. Karena semestinya bisa digunakan sebagai area parkir pengunjung toko oleh-oleh, sedangkan ukuran jalannya tidak lebar. (mdk/ray)

Baca juga:
Nyamannya Berolahraga di CFD yang Bebas PKL
Tertibkan PKL, Satpam di Bekasi Tabrak Gerobak Bakso
Aksi Satpol PP Bentangkan Spanduk Larangan PKL Berjualan di Car Free Day
Pemprov DKI Segera Atur dan Tertibkan PKL
Menjamurnya PKL Hingga ke Tengah Area CFD Dikeluhkan Warga

TOPIK TERKAIT