Pemkot Sukabumi Data UMKM Terdampak Covid-19

Pemkot Sukabumi Data UMKM Terdampak Covid-19
PERISTIWA | 27 Juni 2020 11:30 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat menyiapkan program pemulihan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terdampak pandemi Covid-19. Saat ini Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi membuka ruang bagi UMKM untuk melaporkan kondisi perusahaan dan kendala yang dihadapi.

"Kota Sukabumi merupakan daerah perdagangan, dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan para pelaku usaha khususnya UMKM. Di masa pemulihan ini kami fokus untuk merecovery UMKM," kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi seperti dilansir dari Antara, Sabtu (27/6).

Dia memperkirakan, ada ratusan UMKM yang terdampak pandemi dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya terus bertambah. Pendataan ini dilakukan agar program pemulihan tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha.

Maka dari itu, Achmad mengimbau, UMKM terdampak untuk segera melapor dan mendaftar ke dinas. Mereka diminta membawa persyaratan seperti surat keterangan usaha dan lain-lain.

"Keberadaan UMKM sangat mendukung untuk percepatan peningkatan perekonomian masyarakat, apalagi di Kota Sukabumi mayoritas berwirausaha di sektor tersebut, sehingga kami mengupayakan agar mereka yang terdampak bisa kembali bangkit, minimalnya bisa kembali berproduksi," jelasnya.

Anggaran untuk recovery UMKM ini sudah disiapkan yang nilainya disesuaikan dengan kebutuhan. Recovery tersebut tidak hanya sebatas pemberian bantuan permodalan saja, tetapi sekaligus pembinaan agar ke depannya mereka bisa beradaptasi dengan kehidupan baru setelah masa pandemi ini berakhir.

Di sisi lain, pandemi ini mengubah gaya hidup masyarakat khususnya di bidang ekonomi yang mendorong pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya.

Pemasaran seperti ini sekarang menjadi tren, apalagi sebagian masyarakat masih ada yang enggan berbelanja dengan datang ke lokasi, karena khawatir tertular virus yang bisa menyebabkan kematian ini.

Pemkot Sukabumi juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang mulai bangkit dan berani berinovasi dengan memanfaatkan berbagai peluang usaha, sehingga di masa pandemi ini mereka bisa tetap produktif. (mdk/fik)

Baca juga:
Survei: 62,6 Persen UMKM Yakin Mampu Bertahan 1 Tahun Lebih di Tengah Pandemi Corona
Survei: 82,9 Persen UMKM di Jabodetabek Rasakan Dampak Negatif Covid-19
Indeks Kesiapan Digital UMKM Di Jabodetabek Masih Tahap Menengah, Ini Penyebabnya
Pemerintah Siapkan UMKM Masuk Pengadaan Barang BUMN dengan Proyek di Bawah Rp14 M
Menko Luhut Ajak Pejabat Negara Belanja Produk Lokal Secara Online

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami