Pemkot Tarakan Distribusikan Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Pemkot Tarakan Distribusikan Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
PERISTIWA | 4 Mei 2020 14:11 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Pemerintah Kota Tarakan, provinsi Kalimantan Utara, melakukan penyerahan secara simbolis Bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 atau virus Corona, penyerahan dilakukan, Kamis (30/4) bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Tarakan.

Pendistribusian paket bantuan sosial tersebut, ditandai dengan pelepasan puluhan Ojek Online yang dilakukan Walikota Tarakan, Dr. H. Khairul, M.Kes, Khusus untuk mengantar bantuan paket sembako bagi warga.

"Hari ini kita salurkan, sebanyak 6.667 KK telah terdaftar sebagai penerima manfaat. Berdasarkan data yang sudah diverifikasi oleh dinas sosial dan pemberdayaan perempuan, bantuan itu berupa paket sembako, satu paket sembako senilai Rp 200.000," katanya.

Masing-masing warga yang menerima bantuan tersebut, hanya menerima satu jenis bantuan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Sehingga tidak terjadi tumpang tindih karena semua data penerima bantuan ini baik yang dari pusat, provinsi dan pemkot telah dilakukan verifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan masing-masing kepala keluarga," jelasnya.

Dalam penyaluran bantuan tersebut Pemerintah kota Tarakan, tidak melakukan verifikasi faktual karena untuk verifikasi faktual akan memakan waktu yang cukup lama. Sementara, kebutuhan masyarakat terhadap bantuan sembako ini dianggap sudah sangat mendesak.

"Yang bisa kami pastikan bahwa masyarakat kita ini adalah mereka yang betul-betul membutuhkan bantuan ini dan selain itu juga nanti kita akan melakukan evaluasi, dengan cara para kurir yang mengantarkan sembako ini akan mengambil foto dan tanda tangan dari penerima bantuan, yang semuanya akan menjadi bahan evaluasi," ungkapnya.

Adapun bantuan yang diterima masyarakat secara keseluruhan, sebanyak 17.228 Kepala Keluarga dengan rincian sebagai berikut :

- Bantuan Tunai dari Pemerintah Pusat kepada 6.727 KK sebesar Rp. 600.000/ KK Selama 3 Bulan

- Bantuan Perluasan Sembako dari Pemerintah Pusat kepada 2.084 Kepala Keluarga senilai Rp 200.000 selama 9 bulan (pembelian sembako melalui e-Warong);

- Bantuan Tunai dari Provinsi Kaltara kepada 1.750 KK sebesar Rp. 200.000 Selama 3 bulan;

- Bantuan Sembako dari Pemkot Tarakan kepada 6.667 KK senilai Rp 200.000 selama 3 bulan. (mdk/hrs)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami