Pemkot Tarakan Usulkan 6.563 Warganya dapat Kartu Prakerja

Pemkot Tarakan Usulkan 6.563 Warganya dapat Kartu Prakerja
Wali Kota Tarakan Khairul. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 14 April 2020 13:25 Reporter : Riski

Merdeka.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengusulkan 189.586 tenaga kerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk mendapatkan kartu pra kerja. Usulan ini, berasal dari data yang diberikan oleh asosiasi industry dan profesi parekraf serta dinas-dinas pariwisata dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan terdampak wabah pandemik Covid-19.

Data usulan penerima kartu pra kerja dari sektor Parekraf ini telah melalui proses data cleansing sebelum dilaporkan ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk dijadikan basis data, penerima kartu pra kerja.

Wali Kota Tarakan, Khairul menuturkan dari semua jumlah usulan di 34 Provinsi, ada sebanyak 6.563 orang yang akan menjadi usulan Tarakan. "Harapan saya semoga bantuan pemerintah pusat tersebut bisa mengurangi beban para pekerja kita yang terkena dampak Covid-19 khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya, Senin (13/4/2020).

Masyarakat dan para pelaku parekraf, juga bisa mendaftar secara mandiri melalui platform www.prakerja.go.id atau kunjungi @prakerja.go.id.

Pendaftaran sudah dimulai sejak Minggu (12/4/2020). Tidak hanya pekerja formal, tenaga kerja informal, PHK dan pekerja yang dirumahkan dampak dari Covid-19 ini. Untuk pelaku seni, federasi musisi Indonesia, Persatuan Karyawan Film dan Televisi serta pelaku ekonomi kreatif lainnya juga bisa mendaftarkan diri.

"Mereka para pekerja melakukan pendaftaran mandiri online, dipandu oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian. Kemudian, akan di verifikasi juga oleh dinas teknisnya. Sehingga, data yang didapatkan mudah-mudahan akurat karena sudah tersortir berlapis," kata Khairul. (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami