Pemkot Tasikmalaya Bantu Perbaikan Rumah dan Fasum akibat Bencana

Pemkot Tasikmalaya Bantu Perbaikan Rumah dan Fasum akibat Bencana
Longsor di Tasikmalaya. ©2020 Merdeka.com/Mochammad Iqbal
NEWS | 29 Januari 2022 04:32 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat saat ini sedang melakukan assessment terhadap rumah hingga fasilitas umum akibat bencana hujan yang disertai angin kencang pada Selasa (25/1). Rencananya, bangunan yang rusak itu akan mendapatkan dana untuk perbaikan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar menyebut bahwa bantuan untuk perbaikan akan diberikan dengan jumlah sesuai dengan hasil assessment pihaknya.

“Info yang kami terima, ada 43 rumah warga, tiga masjid, dua madrasah, satu stadion, pesantren, dan kantor kecamatan yang rusak,” sebutnya, Jumat (28/1).

Rusaknya sejumlah bangunan dan fasilitas tersebut, dijelaskan Ucu, karena hujan yang disertai angin kencang. Sejumlah pohon juga diketahui tumbang dalam kejadian tersebut.

Hingga saat ini, jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut masih dalam penghitungan petugas di lapangan. “Tingkat kerusakan rumah warga juga masih diperhitungkan. Jadi nantinya akan mendapat bantuan stimulan yang jumlahnya nanti akan disesuaikan dengan hasil assessment petugas,” katanya.

Untuk kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak bencana, menurut Ucu sudah diberikan kepada warga. Hal itu dikarenakan begitu bencana terjadi, pihaknya dan instansi lainnya langsung melakukan penanggulangan dan mendistribusikan bantuan kebutuhan dasar warga.

Ia mengingatkan agar warga tetap siapsiaga karena saat ini Kota Tasikmalaya sudah ditetapkan siaga darurat bencana hydrometeorology. Warga menurutnya harus mengenali bahaya dari setiap ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Sebelumnya, cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Tasikmalaya, Selasa (25/1) sore, menyebabkan sejumlah kejadian. Selain puluhan batang pohon tumbang, sejumlah rumah rusak, dan satu kubah masjid juga roboh.

Cuaca ekstrem diketahui terjadi di hampir seluruh wilayah Tasikmalaya. Hujan deras melanda kawasan itu disertai angin kencang.

Kubah Masjid Al Istiqomah di Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, roboh. Sejumlah pohon di daerah itu tumbang. Beberapa rumah mengalami kerusakan.
Tidak ada korban jiwa dalam beberapa peristiwa itu. Namun kubah masjid yang roboh menimpa satu rumah dan dua unit kendaraan bermotor.

"Tadi pas hujan, langsung jatuh kubahnya. Memang anginnya kencang tadi," kata Agus Nasaromdoni (57), Bendahara DKM Al Istiqomah. (mdk/fik)

Baca juga:
BPBD Pastikan Tak Ada Kerusakan akibat Gempa di Pangandaran
Topan Rai Hancurkan 1,5 Juta Rumah di Filipina
Minimalisir Korban Jiwa, Mensos Minta Kepala Daerah Petakan Lokasi Rawan Bencana
Tasikmalaya Dilanda Cuaca Ekstrem, Kubah Masjid Roboh dan Pohon Bertumbangan
Ibu & Anak di Wado Tertimbun Longsor di Dalam Rumah, Begini Nasibnya saat Ditemukan
Peran Kearifan Lokal Sangat Penting Dalam Mitigasi Bencana

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami