Pemprov Babel Izinkan Salat Id di Masjid dan Lapangan Terbuka

Pemprov Babel Izinkan Salat Id di Masjid dan Lapangan Terbuka
Salat Idul Adha di Lapangan Perumahan Sawangan Permai. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 12 Mei 2021 13:30 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membolehkan masyarakat melaksanakan Salat Idulfitri 1442 Hijriyah di masjid dan lapangan terbuka. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

"Penitia Salat Id besok harus menerapkan prokes ketat dan membatasi jumlah jemaah," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu (12/5).

Dia mengatakan kebijakan membolehkan Salat Id dengan prokes ketat di masjid dan lapangan terbuka tahun ini berdasarkan kesepakatan bersama forum koordinasi pimpinan daerah, tokoh agama dan masyarakat. Tujuannya sebagai langkah pemerintah daerah menekan lonjakan kasus Covid-19.

"Kita akan awasi shalat id ini, untuk memastikan panitia dan masyarakat menerapkan prokes saat melaksanakan salat berjemaah pada hari kemenangan setelah 30 berpuasa," ujarnya.

Erzaldi menegaskan khotbah ldulfitri dibatasi maksimal 15 menit dan para khatib diimbau untuk menyisipkan materi tentang pentingnya mematuhi prokes Covid-19. Harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan prokes.

"Kita telah keluarkan kebijakan masyarakat dilarang melaksanakan kegiatan nganggung pada saat selesai Salat Idulfitri, pejabat dilarang untuk melaksanakan Open House," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, Kapolda Kepulauan Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menegaskan, masyarakat mematuhi prokes selama.pelaksanaan Salat Id tidak menggelar takbir keliling dan pemberlakuan jam operasional tempat wisata dan tempat-tempat umum.

"Kita telah membentuk posko pengawasan untuk memastikan masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona ini," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
PMI DIY Siagakan Personel 24 Jam Selama Lebaran 2021
Penjualan Rest Area Turun 95 Persen Imbas Larangan Mudik
Ribuan Umat Islam Tarikat Syattariyah di Nagan Raya Aceh Laksanakan Salat Idulfitri
Wapres Maruf Amin Tidak Gelar Open House saat Lebaran
Layu Penjualan Ketupat Akibat Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami