Pemprov Jabar Siap Jalani New Normal, Toko dan Mal Segera Dibuka Kembali

Pemprov Jabar Siap Jalani New Normal, Toko dan Mal Segera Dibuka Kembali
PERISTIWA | 26 Mei 2020 19:05 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan kesiapan melaksanakan kehidupan normal yang baru atau new normal baru. Fokus yang segera dibenahi berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

Indikator kesiapan menjalankan fase new normal didasarkan pada hasil evaluasi PSBB tingkat Provinsi Jawa Barat. Analisa risiko kesehatan dan non kesehatan yang menghasilkan level kewaspadaan di tiap daerah.

Ada sejumlah aspek yang menjadi penghitungan indeks skala per daerah untuk menentukan level kedaruratan. Yakni, laju Orang Dalam Pemantauan (ODP), laju Pasien Dalam Pengawasan (PDP), laju kesembuhan, angka kematian, reproduksi covid, transmisi, pergerakan manusia dan risiko berdasarkan letak geografis.

Ada tiga daerah yang masuk kategori level merah, yakni Kabupaten Bekasi dengan skor 14. Kota Bekasi dengan skor 12, Kota Cimahi dengan skor 12. Kemudian ada 19 kabupaten kota yang berada di level kuning. Sisanya berada di level biru.

"Mengenai new normal dan PSBB, jadi perlu diketahui bahwa Jabar itu dinilai sudah siap untuk melaksanakan new normal karena pertama kita kan sudah melakukan leveling kewaspadaan untuk di Jabar," kata Sekretaris sekaligus juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid19 Jabar, Daud Achmad, saat konferensi pers daring, Selasa (26/5).

Pelaksanaan era new normal tetap mengacu pada peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB jadi protokol kesehatannya tetap, juga peraturan menteri kesehatan nomor 9 tahun 2020 sekaligus mengenai protokol kesehatan di tempat kerja dan industri.

Untuk memulihkan perekonomian, pihaknya berencana membuka kembali toko, restoran maupun mal dalam waktu dekat. Meski begitu, ada penyesuaian mekanisme yang ketat berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Jadi kalau di mal, dibatasi lah jumlah yang masuk, sebelum masuk mall cuci tangan dan di dalam kita memakai masker kemudian juga antara kita dengan penjual tetap menjaga jarak termasuk juga dengan pengunjung lainnya, itu yang harus diterapkan," kata dia.

Selain fokus memulihkan perekonomian, Pemerintah Provinsi Jabar tetap fokus melakukan penanganan kesehatan. Salah satunya melanjutkan tes masif untuk mengetahui pemetaan sekaligus memotong rantai penularan virus. (mdk/noe)

Baca juga:
Sambut Kenormalan Baru, BNI Optimalkan Layanan Transaksi Digital
Bappenas Minta Pemda Mulai Susun Protokol Kenormalan Baru
Belum Siap New Normal, Sukoharjo Perpanjang KLB Hingga Juli 2020
Kawal New Normal, Aparat TNI Jaga Stasiun MRT Bundaran HI
Moeldoko Minta Anak Buahnya Siap Masuk Kantor Fase New Normal
Menteri Erick: Penerapan New Normal Baru Maksimal Dalam 5 Bulan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami