Pemprov Jatim Siapkan Lahan Khusus Pemakaman Jenazah Pasien Virus Corona

Pemprov Jatim Siapkan Lahan Khusus Pemakaman Jenazah Pasien Virus Corona
PERISTIWA | 8 April 2020 13:51 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan lahan khusus pemakaman jenazah pasien virus corona atau covid-19. Lahan yang dirahasiakan tempatnya itu merupakan hasil kerja sama dengan pihak Perhutani.

Total saat ini ada sebanyak 9 titik lokasi bidang tanah yang disiapkan Pemprov Jatim bersama Perhutani untuk pemakaman jenazah covid-19. Penyediaan lahan pemakaman ini dilakukan oleh Pemprov Jatim merespons sejumlah penolakan jenazah kasus covid-19 di beberapa daerah.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Perhutani terkait penyediaan lahan untuk pemakaman jenazah pasien covid-19. Total ada 9 titik bidang tanah yang disediakan oleh Perhutani dan siap digunakan. Masing-masing luasannya sekitar 1.000 meter persegi," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (8/4).

Dia mengatakan, sembilan titik lokasi pemakaman tersebut sudah disediakan menyebar di daerah Jawa Timur. Tujuannya agar setiap daerah tidak jauh jika akan melakukan pemakaman jenazah pasien covid-19.

1 dari 1 halaman

Soal lokasi, Gubernur Khofifah menegaskan bahwa Pemprov Jatim maupun Perhutani tidak akan memberikan keterangan detail supaya tidak terjadi polemik di masyarakat.

"Lokasi detailnya tidak diumumkan. Tetapi rumah sakit rujukan baik pertama maupun utama sudah kami koordinasikan. Pihak Polsek dan Koramil juga sudah terinformasi," tegasnya.

Menurut mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini, setiap titik lahan pemakaman yang disediakan untuk pasien covid-19 sudah memenuhi syarat dan protokol kesehatan yang ada.

Misalnya tidak boleh kurang dari 50 meter dari sumber air tanah dan tidak kurang dari 500 meter jaraknya dari pemukiman. Selain itu, setiap jenazah yang akan dimakamkan di lokasi tersebut sudah diterapkan protokol pemulasaraan jenazah yang benar.

Termasuk yang memakamkan harus menggunakan APD lengkap, proses penguburan jenazah dilakukan sesuai dengan ketentuan syariah dan protokol medis. Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan jenazah bersama peti ke dalam liang kubur tanpa harus membuka peti, plastik dan kafan. (mdk/ray)

Baca juga:
TPU Pondok Kelapa Mulai Batasi Peziarah, Maksimal 5 Orang
Polda Metro Siapkan Sanksi Buat Pelanggar Kebijakan PSBB di DKI
Imbas Virus Corona, Truk Kelebihan Beban Bebas Berkeliaran
BI Prediksi Pertumbuhan Penjualan Eceran Maret 2020 Minus 5,4 Persen
Fokus Bahas Teknis PSBB, Polda Jabar Pastikan Tidak Ada Jam Malam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5