Pemprov Sulut Tunjuk RS Siloam Paal Dua Manado Jadi Rujukan Pasien Covid-19

Pemprov Sulut Tunjuk RS Siloam Paal Dua Manado Jadi Rujukan Pasien Covid-19
PERISTIWA | 30 April 2020 14:17 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menunjuk Rumah Sakit (RS) Siloam Paal Dua Manado sebagai RS rujukan penanganan Covid-19. Penunjukan tersebut sesuai SK Gubernur No:134. Pimpinan rumah sakit menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab ini bersama sama RS rujukan lainnya.

RS Siloam Paal Dua memiliki kapasitas sampai dengan 145 tempat tidur, termasuk perlengkapan ICU Covid dan dilengkapi dengan ventilator serta dukungan tim ahli termasuk paru dan anestisis.

"Kami jajaran pekerja medis di RS Siloam Paal Dua siap menjalankan tugas. Mohon doa dan dukungan semua pihak. Kami akan melayani dengan baik," kata Direktur RS Siloam Paal Dua, dr. Paulina Kadih kepada wartawan, Kamis (30/4).

Diharapkan dengan ditunjuknya RS Siloam Paal Dua Manado sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona di Sulut.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengungkapkan keinginannya agar semua rumah sakit di sana meningkatkan kapasitas tempat tidur maupun ICU khusus Covid-19. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah warga yang terpapar.

"Kita butuh semua rumah sakit meningkatkan kapasitas tempat tidur dan ICU khusus untuk Covid-19 mengantisipasi lonjakan jumlah yang terpapar. Kepada beberapa rumah sakit kita beri tugas khusus sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 termasuk RS Siloam Pal Dua. Semua pihak kami harapkan serius. Para dokter, perawat dan pekerja medis di Sulut juga diberi kesempatan bangkit, berani meresponi panggilan untuk melayani dengan baik dan setia," tuturnya.

Ketua DPRD Sulut, Andrei Angow menyambut baik penetapan RS Siloam Paal Dua sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. "Syukur ada tambahan kapasitas untuk khusus melayani pasien Covid-19. Siloam sudah kita kenal melayani masyarakat Manado dan Sulut selama sepuluh tahun dengan baik. Kami apresiasi pelayanan mereka. Kebersamaan ini kita butuhkan," terangnya.

Sedangkan tokoh masyarakat yang pengusaha terkemuka Sulut, Hengky Wijaya mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan menjalankan imbauan pemerintah dalam mencegah penularan corona. "Mari kita semua mendukung program Pemda memutuskan rantai penularan dengan taat menjalankan disiplin sosial dan memelihara dan melindungi kebersihan pribadi. Biar jaga jarak dan bekerja, beribadah dan berkeluarga dengan baik di rumah. Biar sering cuci tangan dengan sabun dan menghindari menyentuh benda benda di luar dan muka kita sendiri. Kami beri dukungan semua rumah sakit rujukan termasuk RS Siloam Paal Dua," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Dibangun Dalam 15 Hari, RS Rujukan Covid-19 Siloam Tanjung Bunga Mulai Beroperasi
Pembangunan Ruangan Pasien Covid-19 di RSA UGM Ditargetkan Selesai 27 Mei
Hyundai dan Grab Sediakan IONIC Electric untuk Mobilitas Tenaga Medis selama Pandemi
Kemendag Salurkan Bantuan Alat Kesehatan ke 157 Pasar Rakyat dan 3 Rumah Sakit
Pasien Covid-19 Bertambah, Gubernur Sumsel Minta RS Tambah Ruang ICU
Siloam Berikan 4.400 Swabs Hingga PCR Corona Untuk Disebar di RSUD Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami