Pemprov Sumbar Fasilitasi Tes Antigen Gratis untuk 8.483 Calon ASN

Pemprov Sumbar Fasilitasi Tes Antigen Gratis untuk 8.483 Calon ASN
Tes Standar Kompetensi Dasar CPNS di BKN. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 10 September 2021 23:34 Reporter : Ikhwan

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) bakal memfasilitasi rapid test antigen secara gratis bagi para peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Ahmad Zakri mengatakan, fasilitas tes Covid-19 gratis itu akan dimulai dari 21 September hingga 2 Oktober 2021.

Dia menerangkan, secara aturan resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), setiap peserta seleksi CASN 2021 wajib memiliki tes swab PCR 2 x 24 jam atau rapid tes antigen yang berlaku 1 x 24 jam sebelum mengikuti ujian.

"Dengan demikian, sehari sebelum ujian, para peserta wajib rapid tes antigen terlebih dahulu. Untuk fasilitas rapid tes antigen gratis akan diberikan di gedung BKD Sumbar, kita kerja sama dengan Dinkes Sumbar," kata Ahmad di Padang, Jumat (10/9).

Dia mengatakan, jika pelaksanaan tes SKD Sumbar bakal dipusatkan di Universitas Putra Indonesia (UPI) Kota Padang. "Untuk SKD tahun ini dibagi menjadi tiga sesi, kecuali pada hari Jumat, kita hanya bagi menjadi dua sesi," jelas Ahmad.

Pihaknya memperkirakan dalam satu hari pelaksanaan yang terbagi menjadi tiga sesi tersebut, jumlah peserta maksimal 250 orang. "Untuk total peserta sendiri kan ada 8.483 orang, itu terdiri dari CASN sebanyak 8.477 orang, dan PPPK Non guru sebanyak 6 orang," jelas Ahmad.

Sementara itu dalam penerimaan CPNS tahun 2021 ini, Pemprov Sumbar membuka 1.176 formasi. Formasi itu berkurang dari jumlah yang disetujui pusat, karena sebelumnya diusulkan sebanyak 1.500 formasi.

"Untuk rincinya, formasi yang dibuka, PPPK guru 743 formasi, kemudian CASN Tenaga Kesehatan 92 formasi, CASN Tenaga Teknis 333 formasi, dan PPPK Non Guru atau tenaga teknis sebanyak delapan formasi," tutup Ahmad. (mdk/cob)

Baca juga:
BKN Temukan Cacat dalam Usulan Pemda untuk Penambahan PNS
Peserta CPNS 2021 Ungkap Tips Sukses Tes SKD
BKN soal Bimbel Jamin Lulus CPNS: Kita Tidak Pernah Kerja Sama
Dianggap Merepotkan Peserta CPNS, KemenPAN-RB Diminta Hapus Syarat Antigen dan Vaksin
Fakta dan Ciri-Ciri Tawaran Calo, Selalu Muncul Tiap Penerimaan CPNS
Sistem CAT dalam Seleksi CPNS Diyakini Kurangi Praktik Kecurangan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami