Pemulangan Haji Embarkasi Solo Selesai, 12 Jemaah Tertinggal di Arab Saudi

PERISTIWA » BANYUWANGI | 16 September 2019 00:01 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Proses pemulangan jemaah haji Embarkasi Solo selesai. Sebanyak 97 kloter sudah tiba di Debarkasi Solo melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo. Kloter 97 yang berisi petugas dan jemaah haji asal Yogyakarta tiba pukul 16.58 WIB. Sedangkan kloter 97, berisi petugas dan jemaah asal Jawa Tengah yang seharusnya lebih dahulu mendarat, justru datang setelah kloter 97.

"Jadi yang mendarat malah kloter 97 dulu. Cuma terpaut beberapa menit saja," ujar Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Agus Widagdo, saat ditemui di Asrama Haji Donohudan Solo, Minggu (15/9).

Agus menjelaskan, meski terdapat beberapa jadwal penerbangan yang mengalami pengunduran, namun informasi tersebut bisa secepatnya disampaikan kepada jemaah haji. Pengunduran diakibatkan padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz. Namun demikian ia bersyukur, proses pemulangan jemaah haji Embarkasi Solo berjalan lancar.

Dari total jemaah yang diberangkatkan sebanyak 34.756 saat ini masih ada 12 jemaah yang tertinggal di tanah suci. Mereka mengalami sakit dan masih mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat.

"Ada 12 jemaah haji yang masih kita tinggal disana karena sakit. Untuk yang di Solo satu jemaah yang menjalani perawatan," katanya.

Sementara itu untuk jemaah haji yang meninggal dunia, jumlahnya mencapai 68 orang. Seorang jemaah wafat di tanah air, 1 wafat di pesawat dan yang wafat di tanah suci sebanyak 66 orang.

" Tahun ini jemaah yang wafat menurun. Tahun lalu 75 orang, tahun ini 68," pungkas dia.

Baca juga:
Pemulangan Haji Embarkasi Solo Hampir Selesai, 90 Kloter Tiba di Tanah Air
66 Jemaah Haji Embarkasi Solo Meninggal Dunia
Berangkat Haji Pakai Visa Kerja dan Ziarah, 181 WNI Ditahan di Arab Saudi
27.563 Jemaah Haji Embarkasi Solo Telah Tiba di Tanah Air
Ratusan Jemaah Haji Indonesia Masih Ditahan Polisi dan Terlantar di Arab Saudi
Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Asal Banyuwangi Wafat di Pesawat

(mdk/did)

TOPIK TERKAIT