Pencarian Turis China di Pulau Sangiang Diperpanjang Selama 3 Hari

PERISTIWA | 10 November 2019 00:37 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Pencarian tiga turis China yang hilang saat menyelam di sekitar perairan Pulau Sangiang, Serang, Banten sudah memasuki hari ke tujuh. Berdasarkan hasil evaluasi, operasi pencarian diperpanjang selama tiga hari ke depan.

Kepala Basarnas Banten M Zaenal Arifin mengatakan, keputusan untuk memperpanjang kembali proses pencarian selama tiga hari dari tanggal 10, 11, 12 November 2019 setelah dilaksanakan evaluasi dan masukan tim di lapangan.

"Dengan mempertimbangkan dan seizin kepala Basarnas selaku SAR koordinator, maka diputuskan bahwa operasi SAR akan diperpanjang 3 hari ke depan. Setelah itu kita evaluasi kembali," kata Zaenal di Posko SAR Gabungan Pelabuhan Merak, Sabtu (9/11).

Tiga hari ke depan, potensi SAR dari unsur TNI, Polri akan melakukan penyisiran baik dari udara permukaan laut dan dasar laut di lokasi-lokasi yang belum dilakukan pencarian.

"Ada titik-titik yang dilakukan pencarian ini perlu kembali diyakinkan bahwa area tersebut clear bersih dan korban tidak ada di sana," ujarnya.

Tim penyelam pun akan kembali mencari hingga kedalaman 40 meter dari permukaan. Sebab, ketiga WNA yakni Tan Xuz Tao, Wan Bzng Yang, Tian Yun yang saat dilaporkan hilang masih mengenakan perlengkapan selam.

"Dalam permukaan air ada area patut lebih diselami dengan penuh kehati-hatian untuk memastikan lagi korban ada dimana," kata dia. (mdk/cob)

Baca juga:
Pencarian 3 Penyelam Asal China di Pulau Sangiang Diperpanjang
Pencarian 3 Turis China Hilang di Perairan Sangiang Serang Ditargetkan 7 Hari
Basarnas Akui Kesulitan Cari 3 Turis China Hilang di Selat Sunda Karena Cuaca Buruk
Pencarian 3 Turis China Diperluas Hingga Sekitar Gunung Anak Krakatau
WN China Tenggelam di Serang, Keluarga Buat Sayembara & Siapkan Rp750 Juta
Seorang Pelajar SMP di Bogor Hilang Saat Orang Tua Salat Tahajud

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.