Pencuri 14 motor di Kukar diringkus, dua di antaranya ditembak karena coba kabur

Pencuri 14 motor di Kukar diringkus, dua di antaranya ditembak karena coba kabur
Pelaku curanmor di Kutai Kartanegara. ©2018 Merdeka.com/Nur Aditya
PERISTIWA | 13 Maret 2018 02:02 Reporter : Nur Aditya

Merdeka.com - Polres Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, meringkus 4 orang kawanan terduga pencuri dan penadah motor di Kutai Kartanegara. Dua di antaranya ditembak karena melawan petugas. Dari penangkapan itu, polisi menyita 14 motor diduga hasil curian.

Keempat pelaku masing-masing Riyadiyanto, Handoyo Eko Saputro, Syamsudin dan Junaidi, ditangkap Minggu (11/3) kemarin di Kota Samarinda setelah polisi melakukan pengintaian 3 hari sebelumnya. Para pelaku memang teridentifikasi sedang berada di ibu kota provinsi itu.

"Kami intai mulai tanggal 8 Maret ya. Kami terlebih dulu menangkap 2 pelaku di Jalan Jakarta di Samarinda sekitar jam 4 sore," kata Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar, dikonfirmasi merdeka.com, Senin (12/3).

Penangkapan kedua pelaku, tidak berjalan mulus. Polisi harus menembak kaki pelaku untuk melumpuhkan lantaran mereka melawan petugas saat disergap. "Kedua pelaku ini mau kabur, jadi dilumpuhkan," ujar Anwar.

pelaku curanmor di kutai kartanegara

Dari interogasi dan penyidikan, keduanya mengaku telah mencuri sejumlah motor di Kutai Kartanegara dan menjualnya ke terduga penadah, di Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara. "Tim langsung bergerak ke Sebulu, mengamankan 2 terduga penadah," tambah Anwar.

Dari Sebulu dan sejumlah wilayah lain di Kukar, petugas mengamankan barang bukti 14 motor diduga hasil curian. "Kita juga amankan barang bukti 1 kunci letter T, obeng dan linggis," terang Anwar.

Dalam catatan kepolisian, tersangka utama, Riadyanto, alias Sapi alias Eko, merupakan pemain lama dalam kasus pencurian. Saat beraksi, dia diduga kerap berpindah tempat.

"Selain di Kukar, dia ini juga diduga beraksi di Samarinda dan Balikpapan. Kelompok Riadyanto ini, punya banyak penadah yang cukup terorganisir. Sasaran penjualan motor curian, menyarah kepada warga yang tinggal di pedesaan dengan harga bervariasi Rp 1,2 juta sampai Rp 2,3 juta," jelasnya.

pelaku curanmor di kutai kartanegara

Dia menambahkan setidaknya ada tujuh laporan kepolisian yang diduga dilakukan kelompok Riadyanto. Keempat pelaku kini meringkuk di penjara Polres Kutai Kartanegara. "Kami jerat dengan pasal berlapis pasal 363 pencurian tentang pemberatan dan pasal 480 tentang penadah, seperti diatur KUHP," kata Anwar. (mdk/lia)


Polisi bongkar sindikat pembuatan STNK motor curian di Bekasi
Kabur saat mau ditangkap, 1 maling motor dan 2 penadah ditembak
Residivis pencongkel jok motor ditangkap polisi di Banda Aceh
Modal kunci mobil palsu, komplotan ini gasak 21 motor pencari kerja
Sepanjang Februari, 26 pencuri motor di Tangerang dicokok polisi
Mobil curian di Bogor terbalik usai tabrak tumpukan batu
Ditinggal kabur kawannya, pencuri motor di Bekasi dibekuk warga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami