Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020 Dibuka Besok

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020 Dibuka Besok
PERISTIWA » MAKASSAR | 7 Juni 2020 19:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan, Senin (8/6) akan membuka pendaftaran bagi para calon taruna, praja, dan mahasiswa sekolah kedinasan. Rencananya pendaftaran akan dibuka pukul 08.20 WIB melalui daring pada portal https://dikdin.bkn.go.id.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, pembukaan pendaftaran ini dilakukan sesuai ketentuan yang tertuang dalam Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dengan nomor B/435/M.SM.01.00/2020.

"Pendaftaran akan ditutup pada 23 Juni 2020 pukul pukul 23.59 WIB," ujar Paryono dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Dia menyebut, terdapat enam instansi pemerintahan yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini yakni, Kemendagri (IPDN), BSSN (Politeknik SSN), Kemenkumham (Poltekip dan Poltekim), BIN (STIN), BPS (Politeknik Statistika STIS), Kemenhub (18 sekolah tinggi dan politeknik).

Rincian sekolah tinggi dan politeknik yang dibuka Kemenhub yakni Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang, Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali.

Kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Politeknik Pelayaran Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Politeknik Pelayaran Banten, Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug.

Serta Politeknik Penerbangan Makassar, Politeknik Penerbangan Medan, Politeknik Penerbangan Surabaya, Politeknik Penerbangan Jayapura, dan Politeknik Penerbangan Palembang.

Dia mengatakan, berkaitan dengan masih berlangsungnya masa transisi menuju kenormalan baru pandemi Covid-19, BKN belum membuka layanan konsultasi tatap muka. Pertanyaan yang berkaitan dengan proses pendaftaran dapat diajukan ke https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home.

"Sebelum bertanya, pendaftar diarahkan untuk membuka terlebih dahulu laman _frequently asked question (FAQ)_ https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/faq, yang di dalamnya sudah terdapat rangkuman pertanyaan yang paling banyak diajukan pendaftar beserta langkah solusinya," kata dia.

Sementara itu, untuk bertanya terkait persyaratan pendaftaran ke instansi atau sekolah yang dituju dapat mengakses https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/pengaduan_instansi.

"Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2020 namun tetap akan menyesuaikan status tanggap darurat non-bencana pandemi Covid-19. Jadwal dan format ujian dalam pelaksanaan seleksi lanjutan akan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan," dia menandaskan.

Reporter: Fachrur Rozie (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Kemendikbud: Sekolah di Zona Hijau Tak Serta Merta Dibuka, Sangat Hati-hati
Dalam Sehari, Jumlah Pendaftar UTBK-SBMPTN Meningkat Dua Kali Lipat jadi 475 Ribu
Protokol Kesehatan, UTBK di Universitas Jember Dibatasi Hanya 20 Peserta Per Sesi
Pemerintah Aceh Berencana Aktifkan Kembali Sekolah
Pemda DIY Kaji Wacana Kegiatan Belajar di Sekolah Hanya 3,5 Jam selama New Normal
PSBB Diperpanjang, Anies Diminta Hadirkan Solusi untuk Sektor Pendidikan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami