Pendatang yang Melalui Pelabuhan Gilimanuk akan Dilakukan Rapid Test dan Wawancara

Pendatang yang Melalui Pelabuhan Gilimanuk akan Dilakukan Rapid Test dan Wawancara
Sekda Bali Dewa Made Indra. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 April 2020 21:26 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Satgas Penanganan covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, meninjau Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (4/4) untuk melihat, penanganan para pendatang dari luar yang masuk ke Bali di tengah maraknya virus corona.

"Pelabuhan Gilimanuk termasuk pintu masuk utama ke Bali dan tentu memiliki risiko yang besar terkait penyebaran covid-19 ini. Jadi perlu terus diperkuat dan pertebal lagi pengawasannya serta pemeriksaannya," kata Indra.

Indra juga menyampaikan, ingin melihat langsung sekaligus menyelaraskan kembali SOP penanganan dan pengawasan pendatang di pelabuhan yang menghubungkan Bali dengan Pulau Jawa itu.

"Saya tahu Bapak Bupati (Jembrana) beserta jajaran sudah berupaya keras untuk melakukan pengawasan pendatang terkait penanganan covid-19 di sini, dan setelah kita lihat penanganannya secara langsung sudah ada garansi bahwa mereka yang masuk ke Bali ini sudah benar-benar clear dan betul-betul sehat," jelasnya.

Ia juga meyakinkan, bahwa semua orang yang melewati Pelabuhan Gilimanuk wajib dicek suhu tubuhnya dan jika di atas normal maka akan langsung diisolasi di ruangan khusus oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan, untuk selanjutnya akan menjalani rapid test.

Begitu juga dengan pendatang yang berasal dari daerah terjangkit seperti Jakarta atau Jawa Barat, akan langsung diarahkan untuk melakukan rapid test.

"Meskipun secara regulasi atau prosedur tidak diwajibkan namun rapid test kepada mereka yang beresiko adalah kebijakan dari satgas untuk menekan penyebaran," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Ia juga menyatakan akan terus...

Halaman

(mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami