Pendonor Sepi Karena Wabah Corona, Stok Darah PMI di Medan Terancam

Pendonor Sepi Karena Wabah Corona, Stok Darah PMI di Medan Terancam
PERISTIWA | 2 April 2020 21:23 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 juga berdampak pada pasokan darah ke Palang Merah Indonesia (PMI). Sepinya pendonor mengakibatkan stok yang tersedia hanya mampu bertahan hingga 5 hari ke depan.

"Saat ini kami sangat kekurangan stok darah," kata Kepala Seksi Teknik Laboratorium dan BDRS Unit Donor Darah PMI Kota Medan, dr Ira Fitrianti Putri Lubis, Kamis (2/4) sore.

Dia memaparkan, pendonor sangat minim. Kondisi ini tidak terlepas dari berkurangnya aktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Donor darah dilakukan di Gedung PMI, sedangkan mobile unit tidak dioperasikan.

Sebelum pandemi corona, PMI bisa mendapatkan pasokan 60-70 kantong darah per hari. Saat ini mereka hanya bisa memperoleh rata-rata 20 kantong. "Paling banyak 30-40 kantong. Dua hari terakhir cuma dapat 15-20 kantong," ungkapnya.

Ira mengatakan, darah di lemari penyimpanan PMI Medan hanya tersisa 800-an kantong. Stok itu diperkirakan hanya bisa bertahan 4-5 hari.

"Stok aman PMI Medan biasanya 1.400-an kantong per hari. Selama ada wabah, jumlahnya otomatis menurun," ujar Ira.

Akibat kondisi ini, PMI Medan terpaksa mengurangi pasokan darah ke rumah sakit. Jika biasanya mereka memasok 50 kantong per hari ke rumah sakit, saat ini hanya 20 kantong. "Sisanya akan kita alihkan ke donor keluarga atau donor pengganti," katanya.

Untuk mengatasi kurangnya pasokan darah, PMI akan bekerja sama dengan sejumlah instansi, termasuk TNI dan Polri. Mereka diharapkan akan mengirimkan anggotanya untuk mendonorkan darah. (mdk/lia)

Baca juga:
Bantu Penanganan Corona, PMI Sumbang APD untuk 15 Rumah Sakit di Solo
Putus Penyebaran Covid-19, PMI Semprot Disinfektan 6.839 Titik Secara Nasional
Kadin dan Apindo Serahkan Bantuan Penanggulangan Corona Rp10 M Lewat PMI
Menengok Gudang Darurat PMI untuk Penanganan Covid-19
Stok Darah di PMI Cianjur Kosong
Diterima Jusuf Kalla, Rachel Vennya Donasi Rp2 M ke PMI untuk Lawan Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami