Peneliti mobil listrik minta Kejagung tunda pemeriksaannya

Peneliti mobil listrik minta Kejagung tunda pemeriksaannya
PERISTIWA | 10 September 2015 13:23 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Kejaksaan Agung mengagendakan pemeriksaan terhadap peneliti mobil listrik, Ricky Elson sebagai saksi dalam kasus korupsi pengadaan 16 mobil listrik oleh Kementerian BUMN era Dahlan Iskan. Namun, Ricky meminta penundaan kepada tim penyidik dengan alasan surat pemberitahuan pemeriksaan terlambat.

"Pemeriksaan saudara Ricky ditunda sampai pekan depan karena surat pemberitahuan terlambat diterima. Tadinya memang dijadwalkan diperiksa hari ini," ujar Amir di Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (10/9).

Ricky merupakan pemuda asal Indonesia yang dikenal sebagai peneliti sekaligus membesarkan karya mobil listrik yang diberi nama Tucuxi dan Selo. Dalam kasus ini Ricky akan diperiksa sebagai saksi.

Sementara Direktur Utama PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi, orang yang ikut dalam proyek pembuatan mobil listrik tersebut dan bekas Kepala Bidang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tanggung Jawab Kementerian BUMN, Agus Suherman telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi mobil listrik oleh Kejaksaan Agung.

Saat menjadi Menteri BUMN, Dahlan Iskan berusaha membujuk Ricky agar mau ke Indonesia mengembangkan mobil listrik. Saat diminta Dahlan untuk kembali ke Indonesia, sebetulnya Ricky telah bekerja sebagai kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generator NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang.

Dahlan yang menjabat sebagai menteri saat proyek mobil listrik digagas sampai sekarang baru satu kali diperiksa sebagai saksi oleh Kejagung.

Mantan Kepala Sub Direktorat Penyidikan pada Jampidsus Sarjono Turin pernah mengatakan, belasan mobil listrik tidak mendapat izin jalan dari Kementerian Perhubungan lantaran tidak lolos sejumlah persyaratan. Selain tidak layak jalan, pengadaan mobil-mobil listrik itu dianggap telah melanggar hak merek dagang dari Agen Tunggal Pemegang Merk atau ATPM.

ATPM merupakan suatu merek dagang berbentuk perusahaan yang ditunjuk untuk memasarkan suatu produk atau merek tertentu di Indonesia oleh produsen yang umumnya berada di luar negeri. Dalam hal ini, kata Turin, mobil listrik yang dibuat Dasep telah memanipulasi merek Toyota dengan jenis mobil Alphard. (mdk/did)

Dasep Ahmadi, pencipta mobil listrik pesanan Dahlan ditahan Kejagung

Kejagung tahan tersangka kasus korupsi mobil listrik

3 Mobil listrik Universitas Riau ide Dahlan Iskan disita Kejagung

Ini mobil listrik Universitas Riau yang disita Kejagung

Kejagung sita mobil listrik dari Fakultas Teknik UI

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami