Penerbangan Komersial di Bandara Adisutjipto dan YIA Ditutup Hingga 1 Juni 2020

Penerbangan Komersial di Bandara Adisutjipto dan YIA Ditutup Hingga 1 Juni 2020
pesawat. shutterstock
PERISTIWA | 25 April 2020 01:33 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Penerbangan komersial di Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA) resmi dihentikan pada Jumat (24/4). Penutupan penerbangan komersial ini sebagai upaya mendukung aturan larangan mudik dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

"Penerbangan komersial untuk penumpang umum melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Bandara Adisutjipto (JOG) dihentikan mulai Jumat (24/04) pukul 20.00 WIB sampai 1 Juni 2020," ujar General Manager Bandara Adisutjipto dan PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjabarkan untuk Jumat (24/4) masih ada 20 penerbangan kedatangan dan 20 penerbangan keberangkatan. Pandu menerangkan jika setelah pukul 20.00 WIB penerbangan komersial tak lagi dilayani.

Pandu menerangkan bahwa nantinya sesuai dengan Permenhub Bandara Adisutjipto dan YIA hanya akan melayani kargo dan penerbangan khusus.

Dia menyebut penerbangan khusus ini adalah penerbangan berpenumpang yang dikecualikan. Pertama adalah penerbangan yang membawa atau terkait pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.

Kedua adalah operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriation flight) pemulangan WNI maupun WNA. Ketiga merupakan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

Sedangkan yang keempat perasional angkutan Kargo (kargo penting dan esensial). Pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang (passenger/cabin compartment) khusus untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan, dan sanitasi serta pangan.

"Kemudian, operasional lainnya dengan seizin dari Menteri Perhubungan dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19," tegas Pandu. (mdk/fik)

Baca juga:
Mulai Besok, Bandara Adi Soemarmo Setop Penerbangan
Mulai 25 April, Bandara Pekanbaru Tidak Melayani Penumpang
Ada Larangan Mudik, Angkasa Pura II Hanya Layani Penerbangan Khusus
5 Informasi Penting Larangan Mudik 2020, Termasuk soal Refund Tiket Pesawat
Kemenhub: Bandara Tetap Beroperasi Normal Meski Pesawat Dilarang Angkut Penumpang
Imbas Corona, Penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Turun Jadi 10 Kali per Hari

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami