Pengacara Akui Wahyu Setiawan Sudah Ditanya KPK Soal Hasto dan PAW Harun Masiku

Pengacara Akui Wahyu Setiawan Sudah Ditanya KPK Soal Hasto dan PAW Harun Masiku
PERISTIWA | 27 Januari 2020 18:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Toni Akbar Hasibuan, pengacara mantan Anggota KPU Wahyu Setiawan membenarkan kliennya pernah dicecar KPK soal Hasto Kristiyanto terkait pergantian antar waktu (PAW) Harun Masiku. Namun hal itu bukan dilakukan penyidik KPK hari ini, karena hari ini kliennya hanya menandatangani surat perpanjangan penahanan.

"Hari ini tak ada pemeriksaan hanya tanda tangan surat perpanjangan penahanan jadi 40 hari. Tapi sebelumnya memang ditanya apa kaitannya dengan Pak WS, tentu ada karena surat permohonan pengajuan PAW itu oleh PDIP yang ditandatangani Sekjen dan Ketua Umum," kata Toni di Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin (27/1).

Namun Toni menegaskan bahwa kliennya sama sekali belum pernah bertemu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Dia juga mengaku tidak tahu dari mana asal uang yang telah diterima kliennya sebagai barang bukti dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) caleg PDIP Harun Masiku.

"Mekanismenya itu memang sudah diterima oleh Pak WS, tapi sumbernya dari mana itu belum terkonfirmasi. Pak WS hanya menerima dari Bu Tio," jelas Toni.

Diketahui dalam kasus dugaan suap PAW, KPK menetapkan empat tersangka. Mereka adalah eks Anggota KPU Wahyu Setiawan, mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, dan Saeful sebagai pihak swasta yang diketahui sebagai mantan staf Hasto saat menjabat sebagai anggota legislatif.

Satu tersangka terakhir dinyatakan masih buron oleh KPK. Dia adalah Harun Masiku, calon anggota legislatif yang diduga menyuap WS demi dapat mengisi PAW masa bakti DPR RI 2019-2024.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Ribut-ribut PDIP dan Demokrat Saat Rapat Bersama KPK Bahas Kasus Harun Masiku
Firli Tegaskan Pimpinan KPK Tak Punya Kepentingan dengan Harun Masiku
KPK Periksa Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Ketua KPK: Yang Menyembunyikan Harun Masiku, Kita Tangkap
Wahyu Setiawan Kembali Jalani Pemeriksaan KPK
KPK Periksa Tiga Tersangka Kasus Suap PAW PDIP

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami