Pengacara Sebut Vina Sempat Lapor Polisi Sebelum Videonya Viral

Pengacara Sebut Vina Sempat Lapor Polisi Sebelum Videonya Viral
PERISTIWA | 3 Desember 2019 17:30 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Sidang kasus lanjutan kasus video asusila Vina Garut di ruang Garuda, Pengadilan Negeri Garut berakhir sekitar pukul 15.20 WIB. Saat persidangan berakhir, pengacara Vina, Asri Vidya Dewi mengungkapkan fakta baru di persidangan terkait kasus yang tengah dihadapi kliennya itu.

Asri mengatakan bahwa dalam persidangan diketahui Polres Garut telah menerima laporan dari Vina sebelum video asusilanya ramai diperbincangkan.

"Dia sudah melaporkan terlebih dulu. Ini ada video saya. Tapi kemudian tidak ditanggapi oleh Polres," ujarnya usai persidangan, Selasa (3/12).

Asri mengungkapkan bahwa Vina bersama ibunya melapor ke Polres Garut pada tanggal 6 Agustus 2019. Namun saat itu, oleh unit yang menangani Vina diminta untuk terlebih dulu mencari buktinya.

"Padahal dalam KUHP jelas, aparat yang seharusnya mencari bukti, kita hanya melaporkan yang berarti ada itikad baik," katanya.

Oleh karena itu, menurut Asri, Vina adalah korban karena sudah ada usaha melaporkan ke Polres Garut.

"Paradoksnya, polisi bilang kasus ini didapatkan dari pengaduan masyarakat. Sementara ada individu yang melapor polisi tidak respons. Tapi tiba-tiba pengaduan masyarakat," jelasnya.

Ia menyebut bahwa fakta tersebut menjadi penting dalam kasus berbasis kekerasan gender. "Nanti ketika diunduh kena pasal 44. Itu jadi persoalan," ucapnya.

Namun meski demikian, Asri menyebut bahwa hal tersebut tidak pernah ada dalam berita acara pemeriksaan, namun dibuktikan di persidangan.

Baca Selanjutnya: JPU Dianggap Tidak Bisa Menunjukan...

Halaman

(mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami