Pengakuan Anggota KKSB usai Menyerahkan Diri: Sering Kelaparan di Hutan

Pengakuan Anggota KKSB usai Menyerahkan Diri: Sering Kelaparan di Hutan
PERISTIWA | 1 Oktober 2020 12:29 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Tenius Tebuni seorang anggota kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) dari kelompok Rambo Lokbere Pimpinan Egianus Kogoya, menyerahkan diri dan berikrar keluar dari keanggotaan KKSB di Kampung Mbua tengah Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu (26/9).

"Niat Tenius Tebuni untuk menyerahkan diri dan keluar dari KKSB disampaikannya ke pada Tokoh Agama dan masyarakat di Kampung Mbua, serta meminta untuk di fasilitasi dengan pihak Satgas Yonif R 323/BP," kata Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa pada Kamis (1/10).

Kemudian, proses penyerahan diri itu disaksikan oleh perwakilan Satgas Yonif R 323/BP, Tokoh Agama dan perwakilan masyarakat Kampung Mbua. Di sana Tenius Tebuni mengucapkan ikrar setia untuk kembali ke pangkuan NKRI dan menandatangani surat pernyataan keluar dari kelompok KKSB.

Pada proses ikrar setia, Tenius Tebuni mengungkapkan alasan dirinya bergabung dengan KKSB karena dijanjikan kebutuhan hidupnya akan dipenuhi dan diberikan uang. Namun, dia sadar telah ditipu karena selama menjadi anggota KKSB Militan Rambo Lokbere.

"Sering kelaparan di dalam hutan, karena kekurangan logistik ditambah KKSB tidak solid selalu terpecah-pecah dan bergerak masing-masing," ungkap Tenius.

Selain itu, Tenius mengakui selama bergabung pada Kelompok Rambo Lokbere turut bertentangan dengan hati nuraninya. "Kerap kali memeras dan mengancam masyarakat serta menyakiti bahkan membunuh masyarakat yang tidak mau membantu," ungkapnya.

Sekedar informasi, Tenius Tebuni mengakui pernah terlibat penghadangan dan kontak tembak di wilayah Habema sekitar tahun 2017. Setelah mengucapkan ikrar, dia mengaku ingin hidup normal kembali seperti masyarakat umum lainnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Kontak Senjata di Intan Jaya, Seorang Personel Satgas Apter Tewas
Kronologi Penembakan 2 Warga Intan Jaya Papua Oleh KKB, Senjata Dirampas
Lima Anggota KKSB Pimpinan Puron Wenda Kembali ke NKRI
Gelar Patroli, Polisi Sita 9 Senjata Tajam di Puncak Jaya
KKB Pimpinan Lekagak Telenggeng Masih di Tembagapura, Kondisi Belum Aman

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami