Pengamanan Hingga Kesehatan, Posko Terpadu Bandara Adi Soemarmo Siap Sambut Pemudik

PERISTIWA | 29 Mei 2019 04:04 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, bersiap menyambut Lebaran 2019. Sejumlah fasilitas disiapkan untuk menyambut pemudik yang melewati bandara di Boyolali itu. Posko terpadu mulai didirikan di ruang kedatangan bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman mengatakan, pengoperasian posko terpadu merupakan upaya peningkatan pelayanan terhadap para pemudik. Posko ini akan mulai dibuka 29 Mei hingga 13 Juni 2019.

"Besok pagi posko terpadu sudah beroperasi. Personel yang terlibat dalam posko terpadu adalah unsur TNI Angkatan Udara, Airnav Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Puskesmas wilayah Ngemplak dan Asuransi jasa Rahardja," ujar Usman disela peresmian posko, Selasa (28/5).

Terkait extra flight, Usman menyampaikan hingga saat ini, maskapai yang mengajukan hanya Batik Air. Anak perusahaan Lion Air itu akan melayani rute Solo-Halim Perdanakusuma-Solo.

"Penerbangan extra flight Batik Air ini hingga tanggal 14 Juni 2019. Extra flight Batik Air akan menggunakan pesawat Type A-320 dengan kapasitas 156 seat, dengan jadwal terbang pukul 07.10 WIB," katanya.

Usman menjelaskan, turunnya pengajuan extra flight pada masa angkutan Lebaran tahun ini dikarenakan penurunan jumlah penumpang yang datang dan pergi dari Bandara Adi Soemarmo.

Abdullah Usman juga menyampaikan untuk lebaran 2019 diprediksi kenaikan penumpang hanya sekitar 6-7 persen dari hari biasa. Kondisi tersebut tidak seperti tahun lalu, di mana kenaikan mencapai 12 persen dengan hampir seluruh maskapai mengajukan extra flight, atau setidaknya mengganti pesawat reguler dengan pesawat dengan kapasitas lebih besar.

"Tahun lalu hampir semua mengajukan extra flight. Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, maupun Sriwijaya Air semua menambah volume penerbangan," pungkas dia. (mdk/bal)

Baca juga:
Tiket Mahal, Pengajuan Penerbangan Tambahan Bandara Ngurah Rai Anjlok 254 Persen
Menhub Budi Sebut Jalur Selatan Jawa Tetap Jadi Rute Favorit di Mudik Lebaran 2019
4 Menteri Jokowi Naik Helikopter Pantau Kesiapan Mudik di Nagreg
Antisipasi Kemacetan Mudik, Menteri Puan Sebut Ribuan Andong di Garut Diliburkan
Gelar Mudik Gratis, Pertamina Berangkatkan 11.000 Pemudik ke Kampung Halaman

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.