Pengawal Tahanan KPK Dipecat Karena Terima Rp300 Ribu dari Imam Nahrawi

Pengawal Tahanan KPK Dipecat Karena Terima Rp300 Ribu dari Imam Nahrawi
Gedung baru KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko
PERISTIWA | 21 Desember 2020 15:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pengawal tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berinisial TK dipecat. Pemecatan dilakukan karena menerima Rp300 ribu dari mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dan kasus ini sudah melalui sidang etik oleh Dewan Pengawas KPK.

"Diberhentikan tidak dengan hormat, (diduga menerima) Rp300 ribu," ujar anggota Dewan Pengawas KPK Harjono, saat dikonfirmasi, Senin (21/12).

Saat Dewan Pengawas KPK menggelar sidang, diputuskan pengawal tahanan tersebut terbukti melanggar kode etik. Sidang dipimpin Hardjono.

Dalam sidang, TK dijelaskan menerima uang itu saat kasus Imam masih dalam tahap penyidikan. Pemecatan terhadap TK juga dibenarkan anggota Dewas KPK Albertina Ho.

"Betul," kata Albertina singkat.

Sementara kuasa hukum Imam Nahrawi, Wa Ode Nur Zainab, menyatakan tak percaya jika selama proses penyidikan kliennya memberi uang kepada pengawal tahanan. Menurut Wa Ode, selama dalam tahanan, Imam Nahrawi tak memegang uang.

"Apakah benar ada pemberian uang dari Pak Imam kepada waltah? Saya tidak yakin akan hal itu. Karena setahu saya selama ini Pak Imam tidak pegang uang selama di Rutan (sesuai aturan Rutan).
Untuk kebutuhan makan, sudah tersedia dari Rutan dan dapat kiriman makanan dari keluarga saat jadwal kunjungan," kata Wa Ode.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Pengawal Tahanan KPK Dipecat Karena Terima Rp300 Ribu dari Imam Nahrawi
KPK Ajukan Kasasi Vonis Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan
KPK Siap Dalami Dugaan Gibran Terlibat Kasus Suap Bansos Covid-19 Menteri Juliari
KPK Panggil 4 Anggota DPRD Jawa Barat Terkait Suap Proyek di Indramayu
Jaksa KPK Kirim Penyuap Bupati Kutai Timur ke Lapas Tangerang & Bontang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami